Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

Kentut merupakan hal yang wajar dan pasti terjadi pada semua orang. Walaupun begitu, terkadang kentut bisa menjadi masalah jika "dibuang" ditempat umum. Terlebih jika kentut yang dikeluarkan mengeluarkan bau tak sedap. Tapi tidak jarang ada juga kentut yang tidak mengeluarkan bau walaupun disertai dengan bunyi yang keras. 


Bicara mengenai kentut, tahukah anda ternyata ada beragam manfaat kesehatan dibalik baunya yang "mematikan" tersebut. Bau busuk yang yang tercium saat seseorang kentut berasal dari gas hidrogen sulfida (H2S). Gas hidrogen sulfida ini dihasilkan oleh mikroba dalam usus yang mengurai bahan - bahan organik sisa pencernaan. Berdasar sejumlah penelitian, telah terbukti bahwa H2S dalam dosis tertentu mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya :

1. Mengatasi radang persendian
Gas H2S memiliki hubungan yg sangat erat dengan radang persendian itu di buktikan dari sebuah penelitian dari Peninsula Medical scool, Diyakini bahwa gas yang terkandung dalam cairan sendi tersebut membentuk perlindungan alami terhadap radang.

2. Mengobati impotesi
Sebuah penelitian di jurnal Sexual medicine membuktikan bahwa gas H2S memberikan efek pelebaran pembuluh darah, yang bisa membangkitkan ereksi pada penderita impotesi. Para ilmuwan dari University Hospital of Singapore yang melakukan penelitian tersebut meyakini bahwa efek dari suntikan gas H2S ini sama seperti viagra.

3. Anti hipertensi
Sebuah penelitian yang dilakukan pada sebuah tikus menunjukkan bahwa gas H2S mempunyai efek menurunkan tekanan darah. Akan tetapi, Para ilmuwan dari Southeast University, Nanjing, Cina yang melakukan penelitian tersebut masih kesulitan mencari dosis yang tepat pada manusia karena gas H2S ini mempunyai efek negatif pada bagian tubuh yang lain.


Demikianlah beberapa manfaat sehat dibalik bau kentut yang mematikan tersebut. Meskipun begitu, jangan lantas ini menjadikan anda kentut sembarangan, ya?

Postingan populer dari blog ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi