Awas, 7 Penyakit Ini Berawal Dari Dehidrasi

Air merupakan urat nadi kehidupan manusia. Semua sistem dalam tubuh bergantung pada air. Bahkan bisa dipastikan, hampir 70 persen tubuh manusia tersusun dari cairan. Cairan tersebut tentu memiliki peranan penting di dalam tubuh seperti pengatur suhu tubuh, memperlancar peredaran darah, bahkan membuang racun atau sisa makanan dalam tubuh. Dengan fungsi yang penting tersebut, bisa anda bayangkan apa akibatnya jika tubuh anda kurang cairan atau sampai dehidrasi? Sangat berbahaya, bukan?


Nah, tahukah anda, ternyata terdapat beberapa penyakit yang bisa berawal dari dehidrasi. Apa saja? Berikut ulasannya :

1. Sembelit
Selama ini banyak orang mempersepsikan bahwa sembelit hanya terjadi jika kita kurang mengonsumsi makanan serta serta karena kurangnya aktifitas. Memang benar, tapi tahukah anda? Sembelit ternyata juga bisa disebabkan oleh dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi maka akan memperlambat gerakan usus, akibatnya banyak sisa makanan yang terendap di usus yang membuat anda terkena sembelit.

2. Kolesterol tinggi
Kolesterol tinggi umumnya disebabkan karena pola makan tidak sehat, terutama jika terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung lemak berlebih. Tidak hanya itu saja, pemicu kolesterol tinggi yang jarang disadari banyak orang adalah karena kurangnya cairan dalam tubuh. Saat tubuh dehidrasi, tubuh cenderung menghasilkan lebih tinggi kadar kolesterol. Karena itulah untuk mencegahnya, anda harus memperbanyak minum air putih.


3. Alergi
Tahukah anda, ketika tubuh dehidrasi maka resiko anda terkena alergi juga semakin besar. Hal ini disebabkan karena pada saat dehidrasi maka saluran udara dalam tubuh anda juga terpengaruhi sehingga mampu mneyebabkan alergi terutama yang berkaitan dengan saluran pernafasan.

4. Tekanan darah tinggi
Sangat jarang yang mengetahui bahwa kekurangan cairan hingga sampai dehidrasi juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Kondisi ini bisa terjadi karena aliran darah seakan menjadi lebih tebal ketika tidak ada cairan yang mendorong. Tapi sebaliknya, ketika anda memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air yang cukup, maka aliran darah menjadi lancar dan tekanan darah pun jadi menurun.


5. Infeksi ginjal
Ketika anda kurang minum, salah satu organ tubuh yang sangat terganggu dan terpengaruhi adalah ginjal anda. Ginjal merupakan tempat "lalu lintasnya" cairan tubuh. Saat anda dehidrasi maka racun yang menumpuk dalam ginjal akan sulit keluar, akibatnya lama kelamaan akan bertambah menumpuk sehingga mampu menyebabkan infeksi ginjal. Karena itulah, untuk membantu membersihkan ginjal anda dari racun, selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh anda dengan minum air yang cukup.

6. Melemahkan sendi
Sama halnya dengan tulang anda, sendi pun juga memerlukan pelumas agar bisa bekerja dengan baik. Nah, ketika sendi anda kuang mendapatkan asupan air maka sendi menjadi aus sehingga akan lemah dan tidak mampu menopang atau mendukung pergerakan tulang dengan baik.

7. Naiknya asam lambung
Kebanyakan orang mengetahui bahwa  naiknya asam lambung terjadi karena seseorang terlalu banyak konsumsi makanan pedas sehingga produksi asam lambung manjadi meningkat. Padahal penyebabnya tidak hanya itu saja, kurang minum pun bisa menjadi pemicu naiknya resiko ini. Kondisi ini terjadi karena pada saat anda kurang minum, maka tidak ada cairan yang bisa meredam produksi asam tersebut.

Itulah 7 penyakit yang berawal dari dehidrasi. Untuk menghindari semua penyakit tersebut, pastikan penuhi cairan tubuh anda dengan minum air puith yang cukup. Paling tidak minumlah sebanyak 2 liter setiap harinya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus