Inilah Bahayanya Jika Makan Mie Instan Tanpa Diseduh

Saat ini, banyak beredar mie instan dengan bermacam merk serta beragam rasa di pasaran. Mie instan tersebut menjadi makanan alternatif cepat saji yang praktis sehingga disukai banyak orang. Pada umumnya, saran penyajian yang dicantumkan pada bungkusnya harus diseduh atau direbus dulu. Tapi tidak jarang sebagian orang justru mempunyai kebiasaan makan mie instan tanpa diseduh. Mereka hanya meremas, mencampurkan bumbunya lalu mengonsumsinya.

Inilah Bahayanya Jika Makan Mie Instan Tanpa Diseduh

Bicara mengenai mie instan, baru - baru ini Dr. dr. Rini Sekartini, SpA(K) yang merupakan Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), pada acara media yang bertajuk "Cermati Kandungan Nutrisi Jajanan Anak" di Jakarta (17/9/2015,  menjelaskan bahwa mengonsumsi mie instant seperti itu memiliki efek samping, terutama jika dilakukan oleh anak - anak. Apalagi, mie instant memang memiliki cara penyajian dengan cara diseduh terlebih dahulu. Jika dikonsumsi secara langsung tanpa proses penyeduhan terlebih dahulu tentunya akan memiliki dampak bagi tubuh.

dr. Rini menambahkan, "kalau seharusnya diseduh maka penyajiannya harus diseduh agar bahan tambahan yang disertakan bisa larut dalam air".

Lebih dari itu, lanjut dr. Rini, kebiasaan mengonsumsi mie instan tanpa diseduh, membuat penyantapnya terutama anak - anak akan mengalami beragam efek buruk baik jangka pendek ataupun untuk jangka panjang.

"Efek jangka pendeknya bisa mengakibatkan gangguan saluran cerna, perut kembung bahkan jika terlalu sering bisa muntah dan mengalami maag", kata dr. Rini. "Sedangkan untuk efek jangka panjangnya akan dialami anak - anak ketika dewasa. Salah satu resikonya bisa memicu penyakit kanker", lanjut Rini.

dr. Rini menambahkan,"sajikan sesuai petunjuk penyajian saja. Jika harus diseduh ya lebih baik diseduh, tentu ada tujuannya".

Oleh karena itu, beliau menyarankan agar mie instan diolah terlebih dahulu sesuai dengan saran penyajiannya.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus