Awas, Sering Keramas Bisa Memberi 5 Efek Samping Ini

Pada saat kita merasa rambut kotor dan lepek, hal pertama yang harus dilakukan adalah keramas. Ya, keramas dengan menggunakan shampoo merupakan salah satu cara untuk membuat kulit kepala dan rambut menjadi segar kembali. Tapi sayangnya, terkadang banyak orang melakukan hal ini terlalu sering. Padahal, terlalu sering keramas justru malah bisa memberi efek buruk bagi kesehatan rambut.

Awas, Sering Keramas Bisa Memberi 5 Efek Samping Ini

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa penggunaan sampo secara berlebihan bisa berbahaya. Pasalnya, kandungan bahan kimia yang terdapat dalam shampoo seperti asam sulfat bisa menghapus minyak essensial pada rambut. Selain asam sulfat, sebagian besar shampo juga mengandung natrium klorida (bahan pengental). Bahan ini bisa membuat kulit kepala menjadi kering dan membuatnya gatal.

Selain bisa membuat kulit kepala menjadi kering dan gatal, terlalu sering keramas menggunakan shampoo juga bisa memberi 5 efek samping berikut ini :

1. Rambut menjadi rapuh
Jika sering kermas dengan menggunakan shampoo yang mengandung sulfat di dalamnya dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada rambut. Tekstur rambut akan menjadi kering, akibatnya rambut pun menjadi mudah rapuh.

2. Rambut rontok
Selain bisa membuat rambut menjadi rapuh, sering keramas dengan shampo yang di dalamnya juga mengandung zat pengawet seperti paraben bisa menyebabkan kerontokan jika digunakan secara berlebihan.

3. Memperlambat pertumbuhan rambut
Banyak orang beranggapan sering keramas dengan menggunakan shampo bisa mempercepat pertumbuhan rambut sehingga mudah panjang. Jelas itu anggapan yang salah, sering keramas rambut justru terhambat pertumbuhannya jika terpapar zat kimia yang terkandung dalam sampo.

4. Iritasi di kulit kepala
Selain mengandung sulfat dan paraben, shampo juga mengandung zat pewatna yang juga bisa menyebabkan kulit kepala menjadi iritasi, terutama jika digunakan secara berlebihan.

5. Iritasi mata
Keramas setiap hari juga bisa menyebabkan iritasi mata. Hal ini bisa terjadi karena pada saat keramas secara tak sengaja mata terkena busa - busa shampo. Jika hal ini terjadi setiap hari maka bisa berdampak pada mata anda.

Baca juga : 3 Manfaat Keramas dengan air dingin bagi kesehatan rambut

Itulah 5 efek samping jika terlalu sering keramas dengan menggunakan shampo. Jika ingin keramas, sebaiknya lakukan hal tersebut sekali atau dua kali dalam seminggu. Seminggu bermanfaat

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus