Awas, 5 Kebiasaan Ini Bisa Tingkatkan Resiko Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Keberadaannya pun sangat jarang diketahui, tidak heran jika banyak orang menyadari penyakit ini ada dalam tubuh mereka sangat terlambat. Jika sudah begitu, penanganan dan proses penyembuhannya pun sangat tidak maksimal.

Awas, 5 Kebiasaan Ini Bisa Tingkatkan Resiko Diabetes

Diabetes pada umumnya dipengaruhi karena gaya hidup seseorang yang tidak sehat. Beberapa makanan tertentu serta riwayat keluarga juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab seseorang bisa terserang diabetes. Tidak hanya itu, beberapa kebiasaan yang sering anda lakukan juga bisa menjadi pemicunya. Apa saja? Berikut penjelasannya :

1. Sering begadang
Menurut sebuah studi di korea disebutkan bahwa orang yang lebih sering begadang berpotensi lebih besar terkena diabetes dibandingkan dengan mereka yang tidur lebih awal. Orang yang kualitas tidurnya rendah bisa menyebaban sistem metabolismenya terganggu sehingga lebih rentan terserang diabetes.

2. Stres
Saat seseorang stres biasanya akan diikuti dengan rasa cemas berlebih, akibatnya tidur mereka pun terganggu serta daya tahan tubuhnya pun berkurang sehingga bisa meningkatkan resiko diabetes. Para ahli menyebutkan, kondisi tersebut disebabkan karena saat seseorang stres membuat tubuh mereka melepaskan hormon kortisol yang mampu mengacaukan kemampuan tubuh mengatur kadar gula darah.

3. Duduk terlalu lama
Menurut sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari University of Pittsburg, amerika serika menghasilkan temuan tentang dampak buruk terlalu lama menonton televisi. Mereka menyebutkan, duduk menonton televisi setiap jamnya mampu mengembangkan resiko diabetes sekitar 4 persen. Para peneliti tersebut juga mengatakan terlalu banyak duduk juga dapat menyebabkan penumpukan lemak visceral (lemak disekitar perut) sehingga bisa membuat lingkar pinggang meningkat.

4. Jarang konsumsi makanan prebiotik
Makanan prebiotik sangat bagus untuk pencernaan. Nah, jika anda melewatkan makanan seperti ini hanya akan membuat perut anda diisi dengan banyak bakteria jahat ketimbang baik. Kondisi sistem pencernaan seperti ini dapat merusak lapisan usus dan menyebabkan peradangan  sehingga bisa meningkatkan resiko diabetes.

5. Kurang vitamin D
Vitamin D mempunyai peran penting terhadap pankreas, yaitu bagian tubuh yang menghasilkan insulin dan mengatur gula darah. Nah, jika asupan tubuh terhadap vitamin D kurang maka bisa tingkatkan resiko terkena diabetes tipe 2.

Baca juga : Gejala Diabetes

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa tingkatkan resiko anda terkena diabetes. Untuk mengantisipasinya, cobalah biasakan pola hidup sehat. Jangan lupa, sesekali periksa kadar gula darah anda untuk mengetahui keberadaan penyakit diabetes ini. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi