7 Masalah Kesehatan Yang Rentan Terjadi Jika Anda Kurang Tidur

Tidur merupakan waktu yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh setelah beraktifitas seharian penuh. Waktu tidur juga merupakan waktu bagi kulit untuk meregenerasi sel kulit. Selain itu, tidur juga merupakan waktu bagi tubuh melakukan proses regenerasi sel dan pengeluaran racun (detoksifikasi), dan tentu hal ini sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Masalah Kesehatan Yang Rentan Terjadi Jika Anda Kurang Tidur

Tapi sayangnya, banyak orang yang kurang menyadari manfaat tidur. Sehingga tidak jarang banyak dari mereka yang begadang hingga larut malam. Akibatnya, mereka pun jadi kurang tidur. Saat bangun pada pagi hari, tubuh pun jadi tak segar dan masih merasa mengantuk.

Jika anda termasuk salah satu yang suka begadang dan kurang tidur setiap malamnya, anda perlu mewaspadainya. Sebab, ada beberapa masalah kesehatan yang bisa muncul jika anda kurang tidur. Apa saja? Berikut ulasannya :

1. Kanker
Sebuah penelitian menunjukkan orang yang sering tidur tidak nyenyak bisa meningkatkan resiko serangan kanker. Hal ini dikarenakan saat anda kurang tidur, maka radikal bebas yang menjadi penyebab kanker tidak bisa dihilangkan dari tubuh secara efektif.

2. Diabetes
Selain beresiko kanker, kurang tidur juga bisa berpotensi sebabkan diabetes. Pada saat anda tidak nyenyak tidur, tanpa anda sadari keinginan untuk makan makanan yang manis akan meningkat. Apabila anda menuruti keinginan anda tersebut hingga menjadi kebiasaan, maka anda akan rentan terkena obesitas dan diabetes.

3. Mudah cemas
Saat anda stres dan mudah merasa cemas, tidur adalah solusi utamanya. Nah, jika tidur anda terganggu, maka produksi kortisol (hormon stres) akan meningkat, akibatnya anda pun menjadi lebih mudah cemas dan terserang stres.

4. Osteoporosis
Tahukah anda, kurang tidur dari 6 jam bisa menurunkan tingkat kepadatan tulang anda. Akibatnya, tulang anda pun menjadi rapuh dan lemah sehingga bisa meningkatkan resiko osteoporosis.

5. Daya ingat menurun
Saat anda kuran9 tidur hal ini bisa berdampak pula pada kesehatan otak anda, terutama memori. Kondisi ini bisa terjadi karena pada saat tidur, otak serta sel - sel didalamnya akan mengalami regenerasi. Nah, jika anda kurang tidur, proses regenerasi ini tidak akan terjadi. Akibatnya, daya ingat anda pun jadi menurun.

6. Inkontinensia urin
Anda mungkin belum mengetahui hal ini. Inkontinensia urine merupakan perasaan ingin buang air kecil, tapi tidak dapat dilakukan. Tidur yang tidak nyenyak disinyalir merupakan penyebab utama dari keluhan ini.

7. Berat badan bertambah
Orang yang kurang tidur umumnya akan mudah ngemil makanan yang tidak sehat seperti makanan manis. Jika tidak terkontrol, makanan inilah yang bisa menyebabkan berat badan anda terus bertambah.

Baca juga :
Demikianlah 7 masalah kesehatan yang rentan terjadi jika anda kurang tidur. Agar badan anda selalu fit dan bugar saat bangun, pastikan anda tidur 7 - 8 jam setiap malamnya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi