7 Manfaat Memelihara Kucing Bagi Kesehatan

Salah satu hewan peliharaan yang kerap dipelihara banyak orang dan bisa menjadi sahabat pemeliharanya adalah kucing. Ya, hewan berbulu dan jinak ini, sangat mudah akrab dengan pemeliharanya. Tingkah lakunya yang lucu dan menggemaskan bisa membuat kita tertawa dan merasa bahagia. Karena alasan itulah, banyak orang memelihara hewan ini.

Manfaat Memelihara Kucing Bagi Kesehatan

Tahukah anda, memelihara kucing ternyata bisa memberi manfaat positif bagi kesehatan si pemiliknya, dan banyak orang belum mengetahui hal ini. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya :

Manfaat memelihara kucing bagi kesehatan

1. Membuat mental lebih sehat
Tingkah laku kucing yang lucu dan menggemaskan, pada saat kita melihatnya bisa berdampak pada kesehatan mental. Hal ini terbukti berdasar pada sebuah survei yang dilakukan oleh Cats Protection, 76 persen orang yang terlibat dalam survey tersebut menyatakan stres mereka berkurang karena berinteraksi dengan kucing.

2. Menurunkan resiko penyakit jantung
Seperti yang disebutkan sebelumnya, memelihara kucing bisa menurunkan tingkat stres seseorang. Tentu hal ini bisa menurunkan resiko penyakit kardiovaskular. Bahkan sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Vascular and Interventional Neourology menemukan bahwa orang yang memelihara kucing bisa menurunkan resiko resiko penyakit jantung dan stroke.

3. Menurunkan resiko memiliki alergi
Jika anda mempunyai anak kecil, memelihara hewan peliharaan seperti kucing akan membuat mereka terbiasa dengan hal  hal yang tak terlalu bersih. Dan ternyata, hal ini bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan resiko alergi.

4. Meningkatkan kemampuan anak dengan autisme
Para peneliti dari University of Missouri menemukan bahwa anak autisme yang berinteraksi dengan hewan peliharaan seperti kucing, kemampuan berinteraksinya meningkat signifikan. Seperti yang diketahui, anak autisme biasanya sulit melakukan interaksi sosial. Tapi dalam studi tersebut menunjukkan kemampuan anak - anak dengan autisme ini meningkat ketika hidup dengan hewan peliharaan.

5. Membawa energi positif
Manfaat memelihara kucing bagi kesehatan selanjutnya adalah bisa membawa energi positif. Apa yang anda rasakan ketika melihat video anak kucing lucu? Reaksi yang anda keluarkan seketika pasti adalah tertawa dengan tingkah laku hewan lucu tersebut. Ini tentu bisa memberi energi positif bagi hidup anda. Bahkan sebuah studi yang dilakukan Indiana University Bloomington menyebutkan, hanya dengan menonton video kucing bisa membawa energi dan emosi positif serta menurunkan perasaan negatif.

6. Menurunkan resiko anak terkena penyakit pernafasan
Banyak anggapan memelihara kucing, bulunya bisa membuat anak terkena alergi dan penyakit pernafasan. Padahal memelihara kucing justru mampu membantu anakn melawan infeksi. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi yang melibatkan kucing dan anak diusia pertama kehidupannya. Hal inilah  yang meningkatkan sitem imun tubuh termasuk melawan penyakit pernafasan.

7. Dengkuran kucing bisa bantu atasi sakit tulang, tendon dan otot.
Dengkuran kucing saat mereka tidur sangat erat kaitannya dengan kemampuan therapeutic di tulang dan otot manusia. Ternyata hal ini terkait dengan frekuensi getaran mendengkur 20 - 140 Hz.

Itulah 7 manfaat memelihara kucing bagi kesehatan yang sebaiknya anda ketahui. Dengan manfaat mengagumkan seperti ini, apakah anda tertarik untuk memelihara hewan ini? Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi