6 Hal Ini Bisa Buat Kemampuan Otak Meningkat

Seiring dengan menuanya usia biasanya akan diikuti dengan menurunnya kemampuan otak dalam mengingat. Resiko menjadi pikun pun sangat besar. Ironisnya, menurunnya kemampuan otak dalam mengingat hingga kemudian pikun tidak hanya terjadi pada orang yang sudah tua, seseorang yang berusia muda pun berpotensi mengalami hal ini. 

Hal Ini Bisa Buat Kemampuan Otak Meningkat

Anda tentu tidak ingin pikun di usia muda, bukan? Untuk menghindari hal ini, tentu anda perlu memberi nutrisi sehat yang dibutuhkan otak agar bisa menjalankan tugasnya. Selain nutrisi, dengan melakukan beberapa tertentu anda bisa meningkatkan kemampuan otak anda. Apa saja? Berikut ulasannya :

1. Makan cokelat
Jika ingin kemampuan otak anda meningkat, cobalah makan cokelat. Salah satu makanan yang juga banyak jenisnya ini memiliki manfaat bagi otak anda, terutama cokelat hitam (Dark Chocolate). Hal ini dikarenakan cokelat hitam mengandung flavonoid dalam jumlah tinggi yang mampu meningkatkan kemampuan otak serta bisa melancarkan sirkulasi darah menuju otak.

2. Istirahat
Sama halnya dengan tubuh yang memerlukan istirahat ketika lelah, begitu pun juga dengan otak anda. Jangan paksa otak anda untuk terus bekerja keras. Otak juga butuh istirahat untuk tetap dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Untuk mengistirahatkan otak, anda cukup dengan tidur selama beberapa waktu dengan berekreasi mencari udara segar.

3. Berkomunikasi
Berinteraksi dan berkomunikasi dengan melakukan obrolan ringan dengan teman atau semua orang yang anda temui juga memiliki manfaat untuk anda. Jika anda hanya mengisolasi diri hanya akan menyebabkan penurunan fugsi mental saat usia lanjut.

4. Bermain video game
Bermain video game jika terlalu lama memang bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan. Tetapi jik anda melakukan seperlunya sebagai sarana refreshing saja, justru bisa bermanfaat untuk otak anda. Bermain video game bisa melatih kemampuan memori, kewaspadaan dan kemampuan untuk mengerjakan tugas lebih cepat.


5. Melihat gambar - gambar yang bisa membuat anda tersenyum
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa hanya dengan melihat foto - foto atau gambar yang bisa membuat anda tersenyum bisa melatih kewaspadaan anda.

6. Menyanyi
Musik selama ini dikaitkan dengan beragam manfaat yang baik bagi kesehatan. Memainkan alat musik atau bernyanyi bisa menjadi latihan sederhana untuk otak anda.
Itulah 6 hal yang bisa buat kemampuan otak anda meningkat. Jangan lupa, konsumsi juga nutrisi sehat seperti minyak ikan serta lainnya yang baik untuk meningkatkan fungsi otak anda. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi