4 Hal Penyebab Menstruasi Sering Terlambat Yang Jarang Disadari

Menstruasi adalah hal yang wajar dan pasti dialami oleh semua wanita. Walaupun pasti terjadi, tapi terkadang siklus menstruasi yang mereka alami tidak teratur. Tantu kondisi ini bisa menjadi beban pikiran terutama bagi wanita yang belum menginginkan anak. Sebab, siklus menstruasi yang tidak teratur bahkan terlambat bisa menjadi indikator kehamilan.

Penyebab Menstruasi Sering Terlambat


Perlu anda ketahui, siklus menstruasi yang tidak teratur menandakan bahwa ada hal yang tidak beres pada kesehatan tubuh dan reproduksi anda. Penyebabnya bisa bermacam - macam, salah satunya berasal dari makanan yang anda konsumsi.

Selain dari makanan, penyebab menstruasi sering terlambat juga bisa karena beberapa hal yang tidak anda sadari, terutama beberapa hal berikut :

1. Stres
Saat seorang wanita stres maka tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang akan berdampak pada siklus menstruasi yang tidak teratur. Bahkan yang lebih parah, seseorang juga tidak akan mengalami menstruasi sama sekali. Jadi, sekecil apapun stres yang anda alami, bisa mempengaruhi siklus menstruasi anda.

2. Terlalu sering olahraga
Berolahraga memang bermanfaat untuk kesehatan, tetapi jika dilakukan berlebihan justru bisa menimbulkan stres pada fisik anda. Kondisi ini mengakibatkan kondisi hormon yang tidak seimbang sehingga bisa berdampak pada siklus menstruasi anda.

3. Tidur tidak teratur
Tidur yang tidak teratur seperti kurang tidur dan jam tidur yang tidak menentu juga bisa mempengaruhi siklus menstruasi anda menjadi tidak teratur. Bahkan, kurang tidur juga bisa membuat menstruasi yang anda alami lebih lama dari biasanya.

4. Terlalu sering bepergian
Terlalu sering bepergian dan jauh sehingga bisa membuat siklus tidur terganggu dan badan lelah juga bisa membuat siklus menstruasi anda tidak teratur bahkan cenderung terlambat. Hal ini dikarenakan saat bepergian, produksi hormon melatonin menjadi tidak seimbang sehingga mempengaruhi siklus menstruasi anda.

Baca juga :
Demikianlah 4 penyebab menstruasi sering datang terlambat. Beberapa hal diatas memang terkesan sepele, tetapi bisa mempengaruhi siklus menstruasi anda tanpa disadari. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus