7 Rahasia Memiliki Umur Panjang Ala Masyarakat Jepang

Jepang dikenal sebagai Salah satu negara dengan masyarakatnya yang memiliki usia tepanjang di dunia. Di negara ini banyak di dapati orang tua dengan usia lanjut, tetapi masih tetap bugar dan energik. Bahkan rata - rata lelaki di Jepang hidup hingga usia 80 tahun, sementara perempuannya bisa hidup hingga usia 86 tahun. Tidak jarang ada pula diantara mereka yang hidup hingga usia diatas 100 tahun.

Rahasia Memiliki Umur Panjang Ala Masyarakat Jepang

Apa sih sebenarnya rahasia mereka sehingga bisa berumur panjang dan sehat seperti itu? Semua itu, tidak lepas dari gaya hidup sehat yang selalu orang jepang terapkan. Nah, jika anda ingin panjang umur dan selalu sehat hingga berusia senja, tidak ada salahnya mempraktekkan sederet gaya hidup sehat ala mereka, seperti dibawah ini :

1. Sering konsumsi sayuran
Penduduk jepang sangat menggemari semua jenis sayuran, bahkan kebanyakan dari mereka suka mengonsumsi sayuran yang masih segar dan mentah. Jadi tidak heran jika tubuh mereka terhindar dari beragam jenis penyakit. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan pada sayuran dipercaya bisa menangkal beragam penyakit termasuk penyakit yang mematikan seperti kanker.

2. Rutin memeriksakan kondisi kesehatan
Mayarakat jepang tanpa harus menunggu sakit pun, mereka dengan sukarela memeriksakan kondisi kesehatan pada dokter. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi resiko yang lebih besar dikemudian hari. Pemerintah jepang pun mendukung kebiasaan ini, tremasuk dengan menyediakan fasilitas kesehatan terbaik untuk masyarakatnya. 

3. Mengkombinasikan pengobatan modern dari barat dan tradisional ala jepang
Sama halnya dengan cina, jepang juga terkenal dengan pengobatan tradisonalnya. Dalam mengonsumsi obat - obatan, masyarakat jepang tidak hanya mengandalkan obat - obatan berbahan kimia, tetapi juga mengkombinasikannya dengan pengobatan tradisonal seperti menggunakan tumbuhan alami untuk menjaga kesehatannya. Karena itulah, daya tahan tubuh mereka selalu terjaga sehingga jarang sakit.

4. Aktif bergerak
Salah satu aktifitas yang tidak pernah mereka tinggalkan adalah olahraga. Bahkan, ketika mereka telah memasuki masa senja atau pensiun, aktifitas ini tidak pernah mereka lewatkan. Berbagai jenis olahraga mereka kuasai seperti karate, yoga atau sumo. Tentu dengan rajin berolahraga seperti itu, yubuh mereka tetap sehat dan bugar walapun sudah berusia tua.

5. Manjaga kebersihan
Masyarakat jepang sangat menjaga kebersihan baik kebersihan diri ataupun lingkungannya. Bahkan tahukah anda, setiap buku yang dipinjam di perpustakaan telah disterilsasi dengan teknik sinar UV y=untuk membunuh kuman penyebab berbagai penyakit.

6. Suka makan ikan
Orang jepang sangat menyukai ikan, bahkan mereka sering mengonsumsinya dalam keadaan mentah. Mengonsumsi ikan membuat tubuh mereka terpenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi terbaik. Masyarakat jepang juga tidak terlalu menyukai daging merah, sebab mereka sadar bahwa daging merah banyak mengandung lemak jahat yang bisa memicu beragam penyakit seperti kolesterol serta jantung.

7. Menikmati hidup
Masyarakat jepang terkenal dengan kegigihannya serta tidak mudah menyerah, bahkan pada saat mereka mengahadapi beragam kesulitan dalam hidupnya. Mereka selalu menikmati setiap peristiwa, entah itu senang ataupun sedih. Kondisi inilah yang membuat mereka memiliki tujuan dalam hidup sehingga tidak mudah stres.


Itulah 7 rahasia memiliki umur panjang ala masyarakat jepang yang bisa anda terapkan. So, Lakukan gaya hidup sehat diatas mulai sekarang, ya? Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi