Lakukan 5 Hal Penting Ini Sebelum Mempersiapkan Kehamilan

Hamil selama sembilan bulan bukanlah perkara yang mudah, terlebih jika anda baru pertama kali mengalaminya. Biasanya ada saja keluhan yang muncul seperti mual, kaki bengkak bahkan kesusahan bergerak karena membesarnya perut. Kehamilan memerlukan tubuh yang sehat dan prima agar anda bisa lancar menjalaninya.

Lakukan 5 Hal Penting Ini Sebelum Mempersiapkan Kehamilan

Bila anda ingin kehamilan yang sehat, sangat penting bagi anda untuk memulai merawat dan mempersiapkan diri. Cobalah lakukan beberapa hal penting ini sebelum anda mempersiapkan kehamilan, seperti yang dilansir Timesofindia :

1. Minta saran dokter
Hal pertama yang perlu anda lakukan ketika ingin hamil adalah dengan mengunjungi dokter untuk meminta tes dan saran kesehatan. Sayangnya banyak wanita yang mengabaikan hal ini, mereka beranggapan tanpa ke dokter pun mereka bisa tetap hamil dengan sehat. Padahal dengan mengunjungi dokter, itu merupakan upaya untuk meminimalisir resiko kesehatan yang bisa mengancam kehamilan.

2. Rajin berolahraga
Mengandung selama 9 bulan bukanlah perkara yang mudah. Membesarnya perut tentu akan membwei beban tersendiri. Karena itulah, tubuh anda harus kuat dan bugar sebelum mengandung 9 bulan. Hanya karena anda akan gemuk saat hamil, bukan berarti anda harus berhenti berolahraga atau bahkan malah tidak melakukannya sama sekali. Berolahragalah atau ikut gym agar tubuh anda terbentuk. Ini juga akan membuat anda mudah menurunkan berat badan setelah melahirkan.

3. Periksa kesehatan gigi dan gusi anda
Beberapa wanita hamil, ada diantaranya yang mengalami penyakit gusi dan menyesal karena mereka tidak sempat mengurus kesehatan gusinya selama hamil. Jadi, sebelum anda memutuskan untuk hamil, pastikan terlebih dahulu gigi dan gusi anda berada dalam kondisi yang sehat.

4. Pikirkan asupan asam folat
Salah satu nutrisi penting untuk wanita hamil dan sang bayi ketika dalam kandungan adalah asam folat. Begitupun bagi anda yang akan merencanakan kehamilan, nutrisi ini juga penting anda konsumsi. Cobalah penuhi kebutuhan asam folat dengan mengonsumsi sayuran hijau gelap dan buah sitrus.

5. Turunkan berat badan
Ingat, saat anda hamil biasanya akan diikuti dengan perubahan berat badan yang sangat drastis. Jika anda memiliki berat badan berlebih, cobalah untuk menurunkannya terlebih dahulu, karena kehamilan akan sulit saat anda obesitas.

Baca juga :
Itulah 5 hal penting yang perlu dilakukan sebelum mempersiapkan kehamilan. Ingat, perencanaan yang tepat akan memberi hasil yang memuaskan. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi