Ingin Umur Anda Panjang? Konsumsi 5 makanan Ini!

Percayakah anda bahwa seseorang bisa memiliki umur panjang bergantung pada makanan yang dikonsumsi? Memang pada dasarnya umur manusia sudah ditentukan oleh tuhan. tapi tidak bisa dipungkiri, pola makan bisa berpengaruh pada kesehatan anda. Terlebih jika pola makan anda tidak sehat dan sering konsumsi makanan dengan sembarangan, dalam jangka panjang hal ini bisa membahayakan kesehatan anda dan juga mungkin, nyawa anda.

Ingin Umur Anda Panjang? Konsumsi 5 makanan Ini!

Tahukah anda, terdapat beberapa makanan yang jika dikonsumsi bisa membuat anda selalu sehat dan berpotensi memiliki umur panjang. Penasaran apa saja makanan tersebut? Berikut dibawah ini :

1. Buah dan sayuran
Banyak ahli gizi yang sepakat bahwa dalam sepiring porsi makanan yang anda konsumsi setengahnya harus diisi dengan sayuran hijau. Bahkan hal ini diperkuat dengan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Epidemiology dan Community Health yang menyatakan bahwa mengonsmusi tujuh porsi sayur dan buah setiap hari dapat mengurangi resiko kematian sebesar 50 persen.

2. Makanan yang mengandung kalium
Makanan yang mengandung kaliun berperan penting dalam meregulasi elektrolit, fungsi saraf, kontrol otot serta tekanan darah. Anda bisa mendapatkan banyak kalium pada beberapa makanan seperti pisang, ubi jalar, sayur bayam maupun alpukat. Bahkan sebuah studi yang dilakukan American Heart Assosiation mneyatakan bahwa perempuan menopause yang sering mengonsumsi makanan yang bnnyak mengandung kalium memiliki resiko lebih rendah hingga 16 persen mengalami kematian akibat stroke.

3. Makanan kaya serat
Para peneliti dari departemen epidemiologi dan gizi di Harvard School of Public Health menemukan bahwa pasien jantung yang mengonsumsi makanan kaya serat bisa terhindar dari resiko kematian hingga 25 persen. Bahkan beberapa penelitian lain juga menyebutkan bahwa mengonsmusi sereal dengan kandungan seratnya yang tinggi dapat menurunkan resiko kematian akibat kanker hingga 15 persen dan diabetes sebanyak 34 persen. Serat bisa anda temukan pada banyak makanan seperti buah, sayur, biji - bijian serta kacang - kacangan.

 4. Jacang kacangan
Sebuah studi yang diterbitkan dalam JAMA Internal Medicine menemukan bahwa orang yang rutin mengonsmusi kacang - kacangan memiliki resiko kematian lenih rendah. Tapi anda juga perlu mengetahui bahwa kacang - kacangan termasuk  salah satu makanan dengan jenis lemak sehat, anda boleh mengonsumsinya tak lebih dari empat porsi seminggu dan harus diimbangi dengan aktifitas fisik seperti olahraga.

5. Teh
Minum teh ternyata bisa membuat seseorang memiliki umur panjang lho? Sebuah penelitian yang dipresentasikan dalam European Society of Cardiology Congress di barcelona, menemukan bahwa mengonsumsi secangkir teh setiap hari dapat menurunkan resiko seseoran mengalami kematian dini hingga 24 persen bahkan untuk mantan pecandu rokok. Hal ini dikarenakan teh mengandung antioksidan kuat sehingga mampu melawan radikal bebas. Kandungan polifenol di dalam minuman ini huga bisa membantu mengatasi penyakit degeneratif.

Itulah beberapa makanan yang bisa membuat umur anda panjang. Intinya, umur panjang sangat ditentukan oleh kesehatan tubuh anda. Maka dari itu, terapkan pola hidup sehat dan pola makan yang teraur dari sekarang. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi