5 Tips Mudah Mengontrol Berat Badan Saat Bulan Puasa

Puasa mengharuskan kita manahan lapar dan haus sepanjang hari. Sehingga, pada saat waktu berbuka, tidak jarang banyak orang yang balas dendam dengan mengonsumsi banyak makanan. Mereka hanya berpikir, bagaimana caranya mengisi perut kembali setelah seharian penuh dibiarkan kosong tanpa mengonsumsi apapun. Boleh - boleh saja melampiaskan seperti itu. Tapi bagi yang sedang diet, tentu hal ini bisa menjadi masalah besar. Sebab bisa dipastikan, makan berlebih seperti itu justru akan membuat berat badan mereka naik.

Tips Mudah Mengontrol Berat Badan Saat Bulan Puasa

Bagi anda yang selalu memperhatikan penampilan, tentu tidak ingin mengalami kenaikan berat badan, bukan? Nah, seharusnya bulan puasa ini menjadi waktu yang tepat untuk mengontrol berat badan anda. Jika anda tidak ingin mengalami peningkatan berat badan, coba lakukan beberapa tips dibawah ini :

1. Makan secukupnya
Meskipun anda harus menahan lapar dan haus sepanjang hari, bukan berarti anda harus mengonsumsi makanan berlebih saat berbuka. Hal yang tidak baik ini sebaiknya jangan anda lakukan. Makan berlebih justru akan membuat berat badan anda mengalami kenaikan. Cobalah makan secukupnya saja agar berat badan tidak melonjak. Coba minum dua gelas air putih saat mengawali buka puasa. Biasanya setelah itu, anda akan sadar kalau perut tidak selapar yang anda bayangkan.

2. Makan pelan - pelan
Walaupun anda merasa sangat lapar, cobalah konsumsi makanan anda secara perlahan - lahan. Dengan makan elan - pelan, makanan yang anda konsumsi bosa dicerna dengan baik sehingga anda akan lebih cepat merasa kenyang.

3. Lakukan aktifitas singkat
Bulan puasa memang cenderung membuat orang malas - malasan. Apalagi ditengah rasa lapar yang tak terbantahkan. Tapi bukan berarti anda harus malas secara terus - terusan. Cobalah untuk tidak langsung tidur setelah sahur atau berbuka. Anda bisa melakukan aktifitas ringan untuk menjaga kestabilan metabolisme tubuh anda. Misalnya dengan jalan kaki ke masjid untuk sholat subuh atau terawih. Ingat, aktifitas dan gerakan sholat juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, lho?

4. Perbanyak konsusmsi sayur
Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat terutama sayuran akan membantu anda untuk mengendalikan nafsu makan. Makanan kaya serat seperti itu bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama. Saat sahur atau berbuka, cobalah makan nasi seperlunya saja dan perbanyak konsusmi sayur untuk memenuhi kebutuhan serat bagi tubuh anda.

5. Batasi konsumsi gula
Mengawali buka puasa dengan makanan yang manis- manis memang sangat dianjurkan. Tapi bukan berati anda harus menghabiskan makanan yang manis tersebut seperti takjil ataupun yang lainnya secara berlebihan. Usahakan kalori dari takjil yang anda santap lebih sedikit daripada makanan utama. mengonsumsi makanan yang manis dan berlebih seperti itu justru bisa memicu kenaikan berat badan anda.

Itulah 5 tips mudah mengontrol berat badan saat bulan puasa yang bisa anda lakukan. Semoga tips ini bisa bermanfaat, ya?

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi