Sering Lemas dan Letih Sepanjang Waktu? Waspadai 6 Penyakit Ini!

Padatnya aktifitas yang anda lakukan setiap harinya pasti akan menguras tenaga anda. Sangat wajar jika anda akan merasa letih dan lesu setelah melakukan rutinitas itu. Lalu, bagaimana jika anda tidak melakukan sesuatu, anda tetap merasa lemas dan letih sepanjang waktu? Jika anda mengalami hal tersebut, anda patut mewaspadainya. Sebab, bisa jadi kondisi tersebut merupakan pertanda adanya penyakit tertentu pada tubuh anda.

Sering Lemas dan Letih Sepanjang Waktu? Waspadai 6 Penyakit Ini!

Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa penyakit yang bisa menyebabkan lemas dan letih sepanjang waktu, seperti yang dilansir  Klikdokter.com yang perlu anda waspadai :

1. Anemia
Penyakit yang satu ini bisa terjadi pada siapa saja, terutama wanita. Wanita dengan jumlah pendarahan yang banyak saat mentruasi serta wanita hamil sangat rentan terserang anemia defisiensi besi. Gejalanya sangat mudah diketahui seperti lemas, sakit kepala, gampang lelah, pucat serta jantung yang berdebar - debar.

Salah satu penyakit yang disebabkan karena meningkatnya kadar gula dalam darah ini juga ditandai dengan gejala seperti lemas, mudah haus, lapar, sering buang air kecil serta penurunan berat badan. Biasanya penyakit ini disebabkan karena gaya hidup serta pola makan tidak sehat seseorang. 

3. Penyakit celiac
Anda mungkin masih belum mengetahui penyakit ini. Celiac merupakan penyakit saluran cerna, terutama pada usus kecil. Jika anda mengidap penyakit ini, anda harus menjauhi makanan yang mengandung glutens, yaitu protein yang terdapat pada gandum, sereal maupun roti. Gejalanya yang mudah dikenali adalah lemas, perut kembung, muntah, diare serta penurunan berat badan.

4. Hipotiroid
Kekurangan hormon tiroid (tyroxine) yang yang biasa disebut hipotiroid, bisa menyebabkan menurunnya metabolime tubuh. Gejalanya seperti lemas, cepat lelah, nyeri otot, kulit kering serta tidak tahan dingin.

5. Chronic Fatigue Syndrome
Chronic Fatgue Syndrome (CFS) biasanya disebabkan oleh infeksi (paling sering disebabkan oleh virus), malnutrisi, gangguan sistem imun tubuh serta gangguan psikologis. Tanda - tandanya seperti rasa lemas, nyeri otot, gangguan memori serta anemia. Terkadang rasa lemas dan lelah yang dirasakan sangat berlebihan dan dalam waktu yang lama, dan bahkan tidak kunjung membaik walaupun penderitanya sudah berisitirahat.

Masalah kesehatan karena gangguan psikologis ini memiliki gejala seperti putus asa, perasaan sedih, lemas, gangguan tidur, bahkan kehilangan minat untuk melakukan sesuatu.

Itulah 6 penyakit yang bisa menyebabkan lemas dan letih sepanjang waktu yang perlu anda waspadai. Jika anda termasuk yang mengalami masalah lemas sepanjang waktu seperti ini, tanpa melakukan sesuatu, lebih baik anda memeriksakan kondisi itu pada dokter untuk memperoleh penanganan dan saran medis yang tepat. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi