Atasi Pilek Dan Hidung Tersumbat Dengan 5 Terapi Alami ini

Salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami banyak orang adalah pilek serta hidung tersumbat. Walaupun itu hanya penyakit ringan, tapi tetap saja bisa membuat anda merasa tidak nyaman. Keluarnya lendir serta tersumbatnya hidung akan membuat anda tidak leluasa untuk bernafas. Kondisi ini sering kambuh, terutama jika terjadi perubahan cuaca atau ketika sedang menurunnya imun tubuh.

Untuk mengatasinya, biasanya anda cenderung akan menggunakan obat - obatan yang banyak dijual di pasaran. Bagus memang untuk mengatasi pilek dan hidung tersumbat tersebut. Tapi, pernahkan terlintas dipikiran anda untuk menggunakan terapi alami dengan bahan yang mudah ditemukan di rumah anda. Bahkan dengan terapi alami ini, hidung anda bisa terbebas dari masalah ini.

Atasi Pilek Dan Hidung Tersumbat Dengan 5 Terapi Alami ini

Nah, berikut dibawah ini adalah 5 terapi alami yang bisa anda lakukan untuk mengatasi pilek serta hidung tersumbat :

1. Berkumur dengan air garam
Sebagian besar orang mungkin belum mengetahui hal ini. Berkumur dengan air garam bisa membantu mengencerkan lendir kental yang menempel di belakang tenggorokan.

2. Menghirup uap panas
Menghirup panas merupakan salah satu solusi untuk mengatasi hidung anda yang tersumbat. Caranya pun sangat mudah, anda hanya perlu memasak air hingga mendidih kemudian tuang pada wadah yang mudah digunakan. Hiruplah uap panas dari air tersebut. Jika diperlukan, anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih untuk membantu mengatasi hidung tersumbat anda.

3. Perbanyak minum air putih
Walaupun terdengar sepele, anda perlu mencobanya. Untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang, anda perlu mengonsumsi air yang cukup. Gejala pilek dapat menyebabkan dehidrasi jika keluhan juga disertai dengan muntah dan diare. Air putih serta minuman yang lainnya seperti jus dan minuman elektrolit bisa memperbaiki keseimbangan cairan dalam tubuh anda.

4. Kompres dengan air hangat
Cobalah gunakan kain dan air hangat untuk mengompres bagian dahi dan hidung anda. Cara ini sangat baik untuk mengurangi sakit kepala dan nyeri pada sinus anda. Tidak hanya itu saja, kompres hangat juga bisa membantu anda untuk lebih rileks.

5. Makan sup panas
Untuk mengurangi keluhan hidung tersumbat, anda perlu mencoba cara ini yaitu konsumsi sup panas. Bahkan beberapa ahli mengatakan bahwa, saat kita makan sup panas maka kepala kita akan condong ke depan menghirup uap panas dari sup tersebut. Seperti halnya dengan menghirup uap air panas, uap panas dari sup ini juga dapat meringankan hidung tersumbat anda. Bagusnya lagi, semangkuk sup panas ini juga bisa memberikan efek sugesti emosi.


Itulah 5 terapi alami untuk mengatasi pilek serta hidung tersumbat yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Referensi : Klikdokter.com

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi