5 Kebiasaan Yang Bisa Picu Kerusakan Jantung Tanpa Anda Sadari

Jantung merupakan salah satu organ terpenting tubuh yang berperan dalam memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Organ tubuh yang vital ini harus selalu anda jaga kesehatannya. Tapi sayangnya, banyak orang cenderung melakukan beberapa gaya hidup tidak sehat, yang tanpa mereka sadari justru bisa memicu kerusakan jantung.

5 Kebiasaan Yang Bisa Picu Kerusakan Jantung Tanpa Disadari

Nah, berikut adalah beberapa kebiasaan buruk tanpa disadari dilakukan setiap hari padahal diam - diam bisa memicu kerusakan jantung. Daripada anda penasaran, simak ulasannya dibawah ini :

1. Terlalu sering menonton televisi
Anda mungkin meremehkan hal ini, tapi nyatanya terlalu sering menghabiskan waktu di depan televisi ternyata bisa berbahaya untuk jantung anda. Dan hal ini sudah terbukti berdasar penelitian yang di publikasikan dalam The Journal of American College pada tahun 2011 lalu. Hal ini bisa terjadi karena pada saat anda menonton televisi bisa dipastikan anda lebih banyak duduk dan mungkin juga sambil bgemil, sehingga bisa menaikkan berat badan. 

Bahkan, dalam journal tersebut juga disebutkan, meskipun anda sudah berolahraga secara teratur namun masih menonton televisi hingga 4 jam berturut - turut setiap harinya, resiko serangan jantung tetap naik berlipat ganda.

2. Merokok dan alkohol
Merokok satu batang setiap hari bisa membuat resiko masalah jantung naik menjadi dua kali lipat. Tidak hanya itu saja, para ahli pun mengatakan merokok juga bisa meningkatkan resiko kanker serta penyakit paru - paru. 

Begitu juga dengan alkohol, mengonsumsi minuman ini secara berlebihan bisa meningkatkan asupan kalori dan juga mengganggu pola tidur, yang pada akhirnya bisa merusak kesehatan jantung anda.

3. Tidur mendengkur
Salah satu tanda penyakit sleep apnea adalah mendengkur. Dan biasanya, orang - orang yang menderita sleep apnea memiliki resiko lebih tinggi dari masalah jantung karena biasanya mereka bernafas tidak teratur, yang kemudian dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

4. Olahraga serta makan secara berlebihan
Olahraga bisa menyebakan kerusakan jantung? Anda mungkin akan bertanya - tanya seperti itu. Pada dasarnya, olahraga memng bermanfaat untuk kesehatan, tetapi jika dilakukan secara berlebihan bahkan sampai memaksakan kemampuan jantung, hal ini justru bisa membuat jantung semakin lemah.

 Makan berlebihan yang bisa memicu kenaikan berat badan atau obesitas, juga bisa memicu masalah jantung. Bahkan banyak ahli medis yang mengatakan bahwa obesitas adalah penyebab utama dari masalah jantung. Jadi lebih baik, makanlahdengan porsi yang teratur dan jangan berlebihan, hindari juga konsumsi makanan dengan kalori tinggi agar jantung semakin sehat.

5. Mengabaikan kesehatan mulut
Mengabaikan kesehatan mulut tanpa menjaga kebersihannya selain bisa menimbulkan masalah seperti bau mulut ataupun radang gusi, ternyata juga bisa memicu resiko serangan jantung. Hal ini bisa terjadi karena bakteri dari gusi melewati pembuluh darah, yang mempersempit saluran dan mengurangi aliran darah. Kondisi tersebut pada akhirnya bisa membahayakan kesehatan jantung serta pembuluh darah.

Baca juga :
Itulah 5 kebiasaan yang bisa picu kerusakan jantung tanpa anda sadari. Agar terhindar dari masalah jantung, coba lakukan gaya hidup sehat serta hindari beberapa kebiasaan yang disebutkan diatas. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi