5 Gejala Menstruasi Pada Wanita yang Jarang Disadari

Menstruasi adalah hal yang wajar dan pasti terjadi pada setiap wanita. Ketika siklus bulanan ini akan datang, biasanya akan ditandai dengan munculnya Premenstrual Syndrome (PMS) pada wanita seperti perubahan mood, mudah marah, sakit punggung bahkan nafsu makan yang tinggi.

Selain gejala tersebut, ada juga gejala lainnya yang bisa terjadi pada wanita sebelum menstruasi datang, dan biasanya gejala - gejala ini jarang disadari oleh mereka. Apa saja gejalanya? Berikut dibawah ini :


1. Susah tidur
Terkadang beberapa wanita sering mengalami susah tidur ketika menstruasi akan datang. Hal itu biasanya disebabkan karena meningkatnya kadar estrogen dalam tubuh sehingga bisa menyebabkan suhu tubuh lebih tingi, sehingga pada beberapa wanita akan lebih mudah gerah dengan diselingi suasana hati yang gelisah. Akibatnya, anda jadi lebih sulit tidur, terutama ketika malam hari.

2. Masalah BAB
Walaupun tidak semua wanita mengalami hal ini, tapi terkadang ada beberapa wanita seminggu sebelum haid datang bisa tidak teratur ketika buang air besar. Hal tersebut bisa terjadi karena menjelang haid, rahim akan membesar sehingga menekan usu besar. Karenanya, saluran pencernaan turut berimbas seperti muncul kembung, sembelit, diare serta rasa tidak nyaman pada perut.

3. Merasa tidak nyaman di Miss V
Saat menjelang menstruasi, adanya perubahan hormon membuat area v*gina menjadi lebih gatal. Perubahan hormon tersebut sangat rentan membuat jamur gampang tumbuh di area kewanitaan. Karena itulah, sangat disarankan untuk selalu menjaga kebersihan area kewanitaan anda.

4. Kaki dan tangan bengkak
Kondisi seperti ini bisa muncul karena adanya retensi air yang terjadi sebelum haid tiba. Hal ini, selain bisa menyebabkan perut tidak nyaman dan mempengaruhi lambung, juga bisa menyebabkan tangan dan kaki anda mengalami pembengkakan.

5. Merasa cemas serta kurang konsentrasi
Banyak yang tidak mengetahui hal ini bahwa siklus menstruasi bisa mempengaruhi neurotransmitter seseorang. Salah satu efek samping yang ditimbulkannya adalah wanita bisa sulit berkonsentrasi sebelum waktu haid. Selain itu, adanya perubahan hormon pada tubuh juga bisa mempengaruhi kondisi psikis pada wanita. Jadi tidak heran, ketika haid akan datang biasanya wanita sangat sensitif serta mudah marah. Bahkan juga cenderung sering mengalami kecemasan.

Baca juga :
Itulah 5 Gejala menstruasi pada wanita yang jarang disadari. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat buat anda ya, ladies?

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus