Sering Mengantuk Bisa Jadi Pertanda 4 Penyakit Ini

Mengantuk adalah hal yang wajar. Banyak orang mempersepsikan bahwa rasa kantuk yang muncul merupakan akibat karena kita kurang tidur. Memang benar, Tetapi bagaimana jika sudah tidur cukup, anda masih merasa ngantuk sepanjang waktu? Jika seperti itu, anda perlu mewaspadainya, sebab ada kalanya rasa kantuk yang muncul tersebut pertanda adanya gangguan kesehatan yang bisa berdampak serius jika tidak tertangani.

Sering Mengantuk Bisa Jadi Pertanda 4 Penyakit Ini

Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa gangguan kesehatan yang ditandai dengan rasa kantuk dan letih sepanjang waktu, yang perlu anda ketahui :

1. Infeksi
Terkadang, disaat badan anda letih dan mengantuk, biasanya sering disertai dengan rasa tidak enak badab atau demam. Hal ini bisa dipicu oleh infeksi atau radang, seperti radang tenggorokan atau radang pada gusi. kondisi bisa sembuh dengan sendirinya, dan terkadang juga memerlukan bantuan antibiotik. Lebih baik anda memastikan dengan memeriksakannya pada dokter.

2. Depresi
Depresi atau gangguan kejiwaan terkadang sering disepelakan dan sering dianggap bukanlah penyakit yang serius. Padahal sudah banyak kematian yang disebabkan oleh gangguan kejiwaan seperti ini. Depresi biasanya ditandai dengan gejala yang bermacam - bermacam, salah satunya adalah susah tidur. Dampaknya rasa kantuk selalu datang dengan disertai perasaan gelisah dan waswas sepanjang waktu.

3. Gangguan tiroid
Kalenjar tiroid berperang dalam egulasi energi dalam tubuh anda. Ketika ada gangguan pada sistem ini, maka bisa berpengaruh ke seluruh tubuh seperti seseorang menjadi cepat mengantuk. Rasa kantuk tersebut biasanya disertai dengan rasa letih, lesu dan lemah sepanjang waktu. Sebaiknya anda periksakan ke dokter dengan melakukan tes darah untuk memastikannya.

4. Gangguan jantung
Rasa kantuk sepanjang waktu tanpa alasan yang jelas, juga bisa menjadi tanda adanya gangguan pada jantung anda. Misalnya pada kardiomyopati, yaitu penyakit yang memicu pertumbuhan berlebih pada otot jantung. Untuk mengatasinya, ada beragam alternatif yang bisa dilakukan seperti melakukan operasi untuk membuang jaringan atau pemasangan implan pacu jantung. Jika anda merasa mengantuk terus, lebih baik pastikan dengan memeriksa ke dokter. Siapa tahu ada gangguan serius pada jantung anda seperti yang disebutkan diatas.

Itulah 4 gangguan kesehatan yang biasanya ditandai dengan rasa letih dan kantuk sepanjang waktu. Jika anda sering merasa ngantuk tanpa alasan yang jelas, lebih baik segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi