5 Masalah Kesehatan Yang Mungkin Terjadi Akibat Stres

Saat anda sedang stres, tentu akan memberi dampak buruk bagi psikologi serta kesehatan anda. Salah satu efeknya yang kerap terjadi adalah gangguan tidur serta sakit kepala. Bahkan yang lebih parah lagi, jika stres dibiarkan berkepanjangan bisa mengarah pada penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Masalah Kesehatan Yang Mungkin Terjadi Akibat Stres

Tetapi tidak hanya itu saja, sering stres juga bisa memicu munculnya masalah kesehatan lainnya. Seperti yang dilansir DetikHealth, berikut dibawah ini adalah masalah kesehatan yang mungkin terjadi akibat stres :

1. Fungsi kerja otak tidak maksimal
Berdasar penelitian yang dilakukan Yale University, Saat seseorang stres maka bisa meningkatkan kadar protein yang bisa melambatkan fungsi kerja otak. Hal itu tentu berdampak pada konsentrasi serta mengganggu kemampuan mengingat. Bahkan dalam jangka panjang, gangguan pada otak yang disebabkan oleh stres bisa lebih parah lagi. Salah satunya bisa berhubungan dengan resiko demensia atau penyakit alzheimer.

2. Mengurangi kesuburan 
Stres bisa memicu tingkat infertilitas yang tinggi, baik pada wanita ataupun pria. Pada wanita, hormon stres memiliki dampak yang parah terhadap siklus reproduksi. Kalenjar pituari yang mengatur kalenjer penting lainnya seperti tiroid, adrenal serta ovari bisa terpengaruh oleh hormon stres, sehingga bisa membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Nah, siklus yang tidak teratur inilah yang bisa membuat periode subur menjadi sulit diperkirakan. Keinginan untuk hamil pun sulit dicapai.

Sedangkan pada pria, stres bisa memicu produksi hormon glucocorticoids yang menekan hormon testosteron sehingga mengakibatkan produksi sperma menurun. Selain itu, hormon stres tersebut juga bisa menyebabkan oksidatif yang juga mempengaruhi buruknya kualitas semen dan kesuburan.

3. Gangguan pendengaran
Masalah kesehatan yang juga ditimbulkan karena pengaruh stres adalah gangguan pendengaran. Sebuah studi di Swedia menyatakan bahwa pria lebih mungkin untuk mengalami gangguan pendengaraan saat stres hingga 39 persen. Hal ini mungkin disebabkan karena hormon stres serta kecemasan memiliki stimulasi dalam reseptor koklea telinga.

4. Kulit gatal - gatal
Saat anda sedang melakukan aktifitas kerja dengan disertai menumpuknya kerjaan yang harus diselesaikan, tentu akan membuat anda bingung yang mana terlebih dahulu yang perlu diselesaikan. Dalam kondisi tersebut, stres bisa muncul dan dapat memicu aktifitas yang tidak biasa pada bagian otak yang berhubungan dengan pusat pengontrol rasa gatal pada tubuh. Bahkan, beberapa ahli di Eropa menyatakan, akibat dari aktifitas yang tak biasa pada otak tersebut, kulitpun bisa mengalami gatal - gatal serta ruam.

5. Sakit perut
Seperti yang disampaikan oleh University of California, interaksi otak dengan usus sampai saat ini belum dipahami dengan baik. Namun hormon stres tampaknya merangsang area otak yang bertanggung jawab untuk regulasi usus. Hal ini tentu berdampak pada orang yang terserang stres tersebut, seperti kemungkinan untuk mengalami mual serta iritasi lambung.

Baca juga : 
  1. Hindari mengonsumsi 5 makanan ini saat stres
  2. 5 cara unik dan ampuh hilangkan stres
  3. 5 alasan kenapa stres bisa memicu serangan jantung
Itualh 5 masalah kesehatan yang mungkin terjadi akibat stres. Jika anda stres, segera atasi dengan meluangkan waktu anda untuk merefresh otak dan pikiran anda. Pergilah ke tempat yang menenangkan seperti pantai. Stres anda pun, bisa berkurang bahkan hilang dengan sendirinya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi