4 Penyebab Anda Mudah Jatuh Sakit

Sakit merupakan hal biasa dan pasti dialami semua orang. Kondisi ini pada dasarnya disebabkan karena banyak hal seperti perubahan cuaca yang ekstrim sehingga bisa menyebabkan menurunnya sistem imun tubuh. Selain cuaca, banyak faktor lainnya yang bisa menyebabkan seseorang mudah sakit, seperti berikut dibawah ini yang dilansir oleh Healthline.com :
 

1. Salah makan
Mengonsumsi makanan yang salah seperti makanan yang kurang gizi bisa membuat anda gampang jatuh sakit. Karena itulah, sangat disarankan bagi anda memnuhi kebutuhan gizi harian anda setiap harinya. Paling tidak, pastikan anda konsumsi buah dan sayur setiap hari. Jangan lupa batasi juga konsumsi gula, lemak serta garam.

2. Gangguan tidur
Saat anda mengalami gangguan tidur setiap malam juga bisa menyebabkan anda mudah jatuh sakit. Sistem imun yang dikeluarkan tubuh pada malam hari yang disebut Cytokines akan berkurang seiring dengan gangguan tidur yang anda alami. Padahal Cytokines ini adalah penyalur protein bagi tubuh yang dapat melawan inflamasi dan penyakit. Dengan berkurangnya cytokines ini, kemampuan alami tubuh untuk melawan penyakit dan virus akan berkurang.

3. Stres
Gangguan psikologi seperti stres juga bisa menjadi faktor seseorang mudah terserang penyakit. Apalagi jika sampai stres berlebihan, sistem imun tubuh pasti akan mudah menurun. Stres juga bisa memperlambat proses penyembuhan dari suatu penyakit. Saat anda terkena penyakit dan dibarengi dengan stres yang parah, maka bisa jadi anda akan membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh total. Karena itulah, kelola stres anda dengan melakukan refresing sejenak agar tidak semakin parah.

4. Dehidrasi
Air memiliki peranan penting dalam tubuh. Air dapat membantu proses penyaluran nutrisi dan mineral ke seluruh sel tubuh, sehingga bisa menjaga kelembaban mulut, hidung, leher sehingga tak mudah terkena penyakit. Saat tubuh anda mengalami dehidrasi, tentu proses tersebut tidak dapat dilakukan. Efeknya, tubuh anda akan mudah terserang penyakit. Saat anda dehidrasi, gejalanya sangat mudah dketahui seperti rasa haus yang tinggi, sakit kepala, tekanan darah rendah bahkan detak jantung anda pun semakin cepat dari biasanya.

Itulah 4 penyebab anda sering mudah jatuh sakit. Sangat penting bagi anda untuk mengetahui penyebab kita jatuh sakit, Dengan begitu, anda akan lebih mudah untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi