5 Gangguan Kehamilan dan Cara Mengatasinya

Hamil merupakan saat yang menyenangkan bagi seorang wanita yang ingin memiliki buah hati. Melihat perkembangan janin dari hari ke hari serta perubahan besar pada perut, membuat wanita merasa lebih bahagia. Anda tentu juga akan memperlakukan kehamilan tersebut dengan baik dan penuh kasih sayang.

Meskipun hamil itu menyenangkan, tetapi terkadang muncul masalah  - masalah yang mengganggu yang tidak anda harapkan. Masalah kehamilan seperti itu memang wajar terjadi, tetapi jika dibiarkan tentu akan mengganggu kenyamanan anda. 

Gangguan Kehamilan dan Cara Mengatasinya

Nah, berikut dibawah ini adalah 5 gangguan kehamilan serta bagaimana cara mengatasinya seperti yang blog kesehatan ini lansir dari Healthmeup.com :

1. Mual
Wanita hamil kerap mengalami gangguan ini terutama pada pagi hari (morning sickness). Masalah seperti ini tentu akan mengganggu kenyamanan anda. Tetapi jangan khawatir, anda bisa meredakan mual ini dengan memperbanyak konsumsi asupan vitamin B6 serta minum teh jahe. Jahe yang banyak mengandung gingerol telah terbukti baik untuk mengatasi morning sicness ini. Sifat anti inflamasi pada gingerol ini juga bisa menangkal asam lambung.

2. Strecth mark
Masalah yang satu ini juga kerap muncul pada wanita yang sedang hamil. Strecth mark ini memang tidak mempengaruhi janin dalam kandungan anda, tapi tetap saja bisa mengganggu penampilan fisik anda. Untuk mengurangi munculnya masalah ini, rajin - rajinlah melakukan pijatan pada kulit anda.

3. Kelelahan
Besarnya perut ketika mengandung selain bisa membuat anda tidak leluasa bergerak juga bisa membuat anda sering merasa lelah. Untuk mengatasinya, anda harus menjaga pola istirahat anda serta jangan lupa juga memperbanyak minum air putih agar tubuh anda selalu tehidrasi dengan baik.

4. Pusing
Wanita hamil biasanya juga sering merasa pusing. Untuk menghindari gangguan ini selama kehamilan adalah dengan mengendalikan gula darah anda. Selain itu, konsumsilah makanan sehat, olahraga dan istirahat yang cukup juga bisa mencegah pusing saat kehamilan.

5. Mulas
Masalah ini juga kerap terjadi pada wanita hamil selain morning sickness. Mulas ini biasanya disebabkan karena kenaikan asam lambung semasa hamil. Cobalah konsumsi makanan yang rendah lemak, tidak pedas dan tidak berminyak untuk mencegah mual ini terjadi.

Baca juga artikel seputar kehamilan lainnya :
  1. Ingin cepat hamil? Hindari mengonsumsi 5 makanan ini!
  2. 4 Penyebab sering merasa pusing saat hamil
  3. Ingin kesehatan kehamilan terjaga? Konsumsi 5 nutrisi penting ini!
Itulah 5 gangguan kehamilan serta cara untuk mengatasinya. Jika anda mengalami gangguan tersebut dan tidak kunjung mereda, lebih baik segera konsultasikan pada dokter untuk memperoleh penanganan yang lebh tepat. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi