8 Manfaat Sehat Masak Tanpa Pakai Garam

Banyak yang bilang, masak tanpa memakai garam akan membuat masakan terasa hambar. Memang benar, salah satu bumbu dapur ini sangat familiar digunakan untuk memberikan rasa pada masakan.

Tapi tahukah anda, mengonsumsi garam apalagi dalam jumlah terlalu banyak bisa memberi efek buruk bagi kesehatan. Karena itulah, sebaiknya batasi mengonsumsi garam agar tubuh anda selalu sehat.

Manfaat Sehat Masak Tanpa Pakai Garam

Nah berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat sehat masak tanpa pakai garam seperti yang blog kesehatan ini lansir dari Boldsky.com :

1. Menghindarkan dari stroke
Stroke biasanya dipengaruhi oleh makanan yang anda konsumsi, terutama yang banyak mengandung garam. Karena itulah, kurangi konsumsi garam agar gula darah dalam tubuh anda tetap normal, anda pun bisa terhindar dari penyakit stroke.

2. Menurunkan berat badan
Saat anda sedang diet, cobalah kurangi konsumsi garam karena bisa mempengaruhi diet yang anda lakukan. Hal ini dikarenakan garam hanya akan mengikat lemak dalam tubuh sehingga bisa menyulitkan anda ketika sedang menurunkan berat badan.

3. Menguatkan tulang
Mengonsumsi banyak garam bisa menghancurkan kalsium dalam tulang anda. Anda pun berpotensi terkena osteoporosis atau tulang keropos. Jadi, jika ingin tulang anda sehat, kurangi mengonsumsi garam.

4. Membuat tubuh terhidrasi dengan baik
Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam bisa membuat anda dehidrasi karena bahan dapur yang satu ini bisa mengikat cairan dalam tubuh anda. Karena itulah, kurangi konsumsi garam agar tubuh anda terhidrasi dengan baik.

5. Menyeimbangkan cairan dalam tubuh
Tubuh manusia lebih dari separuhnya tersusun dari cairan. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam bisa mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh anda. Karena itulah, lebih baik batasi mengonsumsi garam agar cairan dalam tubuh seimbang antara asam dan basanya sehingga tubuh anda tetap selalu sehat.

6. Mengurangi tekanan darah tinggi
Tahukah anda, mengonsumsi terlalu banyak garam apalagi hingga diluar batas yang dianjurkan bisa meningkatkan tekanan darah sehingga bisa berpotensi hipertensi. Jadi, jika ingin terhindar dari penyakit hipertensi ini, lebih baik anda kurangi konsumsi garam.

7. Mengurangi perut kembung
Pernahkah anda mengalami kembung secara tiba - tiba tanpa alasan yang jelas? Jika iya, bisa dipastikan karena anda terlalu banyak mengonsumsi garam. Oleh sebab itu, lebih baik anda kurangi konsumsi garam agar terhindar dari masalah kembung tanpa alasan seperti itu.

8. Menghindarkan dari penyakit berbahaya
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa terlalu sering dan banyak mengonsumsi garam mampu menimbulkan beberapa jenis penyakit berbahaya seperti kanker perut, penyakit ginjal dan gangguan usus lainnya.

Itulah 8 manfaat sehat masak tanpa memakai garam. Jadi, mulai sekarang batasi penggunaan garam pada menu masakan anda. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi