5 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit mematikan yang banyak terjadi di berbagai negara. Bahkan di Amerika, penyakit ini merupakan penyebab kematian nomor satu yang banyak terjadi pada orang dewasa. Setiap tahunnya di negara adidaya tersebut, hampir 1, 5 juta orang mengalami serangan jantung dan yang meninggal bisa mencapai 478 ribu orang karena penyakit jantung koroner.

Di seluruh dunia, jumlah penderita penyakit ini juga terus bertambah. Hal ini tidak lepas dari gaya hidup tidak sehat yang banyak dilakukan seiring dengan berubahnya pola hidup. 

Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

Sebelum anda terserang penyakit yang mematikan ini, lebih baik anda mengantisipasinya terlebih dahulu dengan mengonsumsi beberapa makanan sehat yang bisa mencegah penyakit jantung. Nah, berikut dibawah ini adalah 5 makanan yang baik untuk kesehatan jantung yang bisa anda konsumsi :

1. Kacang merah
Salah satu jenis kacang - kacangan yang bisa dimasak sebagai sayuran ini mengandung antioksidan yang baik utnuk kesehatan jantung. Kandungan lemak, serat dan kolesterolnya yang rendah bisa menurunkan tekanan darah serta bisa mencegah penyakit jantung.

2. Anggur merah
Buah kecil dengan rasa yang manis ini diketahui banyak mengandung flavonoid dan resveratol yang bisa melindungi pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan kolesterol sehingga bisa mencegah resiko serangan dan penyakit jantung.

3. Raspberry
Sebuah penelitian yang dilakukan pada 94 ribu lebih wanita mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi raspberry bisa menurunkan resiko penyakit jantung hingga 30 persen. Hal ini dikarenakan dalam buah ini banyak terdapat antioksidan anthocyanin yang bagus untuk kesehatan jantung. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak vitamin c, Mangan, Potasium dan serat yang juga sangat bagus untuk kesehatan jantung.

4. Bit
Selain bisa menurunkan tekanan darah, buah bit juga bisa menurunkan resiko penyakit jantung. Buah yang mengandung nitrat oksida di dalamnya ini bisa menenangkan pembuluh darah serta bisa menurunkan tekanan darah.

5. Tomat
Buah yang satu ini banyak mengandung lycopene, yaitu zat antioksidan yang baik untuk kesehatan terutama untuk jantung. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard School of Public Health mengungkapkan bahwa mengonsumsi tomat bisa menurunkan resiko penyakit jantung hingga 50 persen. 

Baca juga :
  1. 5 jenis olahraga yang baik untuk kesehatan jantung
  2. 5 alasan mengapa stres bisa memicu serangan jantung
Itulah 5 makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi semua makanan tersebut, penyakit yang mematikan ini tidak akan pernah menghampiri anda. Jangan lupa juga, lakukan olahraga agar tubuh anda sehat secara keseluruhan. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus