Awas, Hindari Mengonsumsi 6 Makanan Ini Saat Mentah!

Jangan konsumsi makanan ini saat mentah - Mengonsumsi makanan dalam keadaan mentah boleh - boleh saja, tetapi perhatikan juga kebersihan dan kandungan gizinya. Sebab tidak selamanya makanan dengan kandungan gizi melimpah di dalamnya aman saat dikonsumsi dalam keadaan mentah. Bukannya memberi efek yang baik bagi kesehatan anda, malah bisa sebaliknya.

Berikut dibawah ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari mengonsumsinya ketika masih dalam keadaan mentah, seperti yang blog kesehatan ini lansir dari Boldsky.com :

Jangan konsumsi makanan ini saat mentah

1. Terung
Mengonsumsi terung yang masih mentah dan belum dimasak bisa memberi efek buruk bagi kesehatan tubuh anda. Hal ini disebabkan terung mengandung zolanine yaitu zat yang bisa meracuni system syaraf dan usus anda. Jika anda memaksakan untuk mengonsumsi makanan ini saat mentah bisa saja anda terserang diare, mual serta kram pada perut. Karena itulah, sebelum mengonsumsinya masaklah terlebih dahulu seperti di rebus, dibakar ataupun cara masak yang lainnya.

2. Buah apel dan pir
Pernahkan anda makan buah apel atau buah pir? Pada bagian tengah kedua buah ini biasanya terdapat bagian yang lembut. Bagian tersebut sebaiknya jangan dikonsumsi dan buang saja. Bagian itu mengandung zat amygdalin yang tidak bagus untuk kesehatan anda. 

3. Buncis
Buncis yang masih mentah di dalamnya terdapat cyanogenic glycoside yang merupakan asam amino beracun. Karena itulah, disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan ini saat masih mentah. Zat beracun ini bisa dihilangkan jika buncis sudah di rendam atau dibersihkan terlebih dahulu dan dimasak.

4. Ayam
Sangat jarang atau bahkan hampir tidak ada orang yang mengonsumsi daging ayam mentah. Daging ayam mentah selain rasanya yang tidak enak, amis juga dipenuhi oleh bakteri yang harus dihilangkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Makan ayam mentah seperti ini bisa merusak usus anda.

5. Kentang
Kentang mentah di dalamnya terdapat chacocine, yaitu sebuah zat beracun yang bisa membunuh anda. Karena itulah, jangan pernah mengonsumsi makanan ini saat masih mentah meskipun di dalamnya terkandung banyak nutrisi. Sebaiknya masaklah terlebih dahulu sebelum anda mengonsumsinya seperti direbus ataupun yang lainnya.

6. Kacang merah
Makanan yang satu ini sebaiknya juga jangan pernah dimakan dalam kondisi mentah. Kandungan zat berbahaya didalamnya yang disebut lectin bisa membuat anda merasa mual dan pusing hingga beberapa jam.

Itulah 6 makananan yang sebaiknya tidak dikonsumsi dalam keadaan mentah karena bisa memberi efek buruk bagi kesehatan anda. Lebih baik anda memasaknya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi