5 Bahaya Sering Mengonsumsi Obat Tanpa Resep Dokter

5 Bahaya sering mengonsumsi obat tanpa resep dokter - Saat anda menderita penyakit ringan seperti pusing, batuk ataupun sakit kepala, hal pertama yang terlintas dipikiran anda adalah mengonsumsi obat - obatan. Anda pun memutuskan untuk membeli obat warung atau yang biasa disebut obat tanpa resep dokter. kebiasaan seperti ini sudah umum terjadi dimana - mana.

Mengonsumsi obat - obatan seperti boleh - boleh saja asalkan tidak berlebihan. Tetapi jika kebiasaan ini dilakukan secara jangka panjang akan sangat berbahaya. Apalagi jika anda tidak mengetahui terlebih dahulu kadar yang tepat dalam mengonsumsi obat - obatan tersebut. Tentu hal itu akan bisa memberi efek yang lebih buruk bagi tubuh anda. Karena itulah, sangat penting bagi anda ketika mengonsumsi suatu obat haruslah dengan resep dan pengawasan dokter.

Bahaya sering mengonsumsi obat tanpa resep dokter

Nah, berikut dibawah ini adalah 5 bahaya sering mengonsumsi obat tanpa resep dan pengawasan dokter yang perlu anda waspadai :

1. Ketergantungan obat
Saat anda sakit ringan mengonsumsi obat - obatan yang banyak dijual dipasaran boleh - boleh saja, tetapi jika itu dilakukan terus - menerus bisa jadi anda akan mengalami ketergantungan terhadap obat tersebut. Itu sangat berbahaya jika dilakukan saat anda terserang suatu penyakit. Karena mungkin saja tubuh anda akan gagal merespon terhadap suatu penyakit nantinya.

2. Keracunan
Banyak orang mengonsumsi multivitamin tanpa sepengetahuan dan resep dokter. Tanpa mengetahui kandungan dan manfaatnya, bisa saja multivitamin tersebut malah justru bisa menyebabkan keracunan. Sangat berbahaya, bukan? Daripada mengonsumsi obat - obatan dan multivitamin seperti itu tanpa resep dokter, lebih baik mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi saja. Hal ini lebih aman dan bisa memberi efek yang baik untuk tubuh anda.

3. Dosis yang tidak tepat
Awas, mengonsumsi obat - obatan tanpa resep dokter bisa jangan sampai kelebihan dosis. Bukannya menyembuhkan sakit ringan yang anda konsumsi, kelebihan dosis justru akan memperparah keadaan anda. Memang semua obat mencantumkan seberapa banyak kandungan yang terdapat di dalamnya. Tetapi jika sampai sembarangan dalam mengonsumsinya, bisa saja anda overdosis dengan disertai gejala -gejala lainnya.

4. Obat palsu
Hati - hati, sekarang ini banyak beredar obat palsu yang dikemas sedemikian rupa hingga menyerupai aslinya. Bahkan seperti yang beredar di media televisi, ada segelintir orang yang memungut obat - obatan yang sudah dibuang kemudian membersihkan serta menjualnya lagi. Obat palsu yang terkontaminasi efek sampingnya sangat berbahaya. Mengonsumsi obat seperti itu bisa mengakibatkan hal yang fatal.

5. Sangat berbahaya untuk wanita hamil
Saat anda hamil, Usahakan untuk tidak mengonsumsi obat - obatan. Jika anda sakit atau mengalami suatu keluhan, lebih baik berkonsultasilah terlebih dahulu dangan dokter kandungan untuk memperoleh penanganan yang tepat.

Itulah 5 bahaya sering mengonsumsi obat tanpa resep dan pengawasan dokter yang perlu anda waspadai. Saran bagi anda, saat anda mengalami sakit atau permasalahan kesehatan, jangan mengonsumsi sembarang obat. Lebih baik anda segera memeriksakannya ke dokter untuk mengetahui penyebab dan memperoleh penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus