Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan

Manfaat minyak ikan bagi kesehatan - Anda mungkin sudah tahu dan mengenal minyak ikan. Ya, makanan sehat ini memang dikenal sejak dulu banyak memberi manfaat sehat bagi tubuh. Minyak ikan berasal dari jaringan pada jenis ikan tertentu yang berminyak. Menurut wikipedia, Minyak ikan seperti ini banyak mengandung asam lemak omega-3, eicosapentaenoic acid (EPA), dan decosahexaenoic acid (DHA) yang merupakan prekusor untuk eicosanoids yang bisa mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

Sekarang ini, minyak ikan sangat disarankan untuk diberikan kepada anak - anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya diketahui bisa meningkatkan kesehatan serta menjaga sistem kekebalan tubuh. Jadi tidak heran jika sekarang ini banyak beredar berbagai macam produk minyak ikan dalam kemasan yang di jual di pasaran.

Manfaat minyak ikan bagi kesehatan

Lalu apa saja manfaat minyak ikan bagi kesehatan? Selain manfaat yang disebutkan diatas, minyak ikan masih menyimpan banyak manfaat sehat lainnya. Berikut dibawah ini adalah manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari mengonsumsi minyak ikan :

1. Minyak ikan bisa mencegah serangan jantung
Seperti yang telah diketahui, minyak ikan banyak mengandung omega-3 di dalamnya. Omega-3 inilah yang diketahui bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada arteri yang bisa menyebabkan serangan jantung. Tidak hanya itu saja, kandungan artikoagulan pada minyak ikan juga bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah.

2. Minyak ikan bermanfaat menguatkan sendi
Minyak ikan juga mempunyai sifat anti inflamasi yang bermanfaat untuk mengurangi rheumatoid. Rheumatoid inilah yang bisa menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan sendi.

3. Minyak ikan bisa meningkatkan kekuatan memori
Pada sebuah penelitian yang tertulis dalam juornal neorolgy mengungkapkan bahwa mengonsumsi minyak ikan bisa meningkatkan volume otak yang bertanggung jawab untuk kesehatan memori serta melindungi otak dari demensia. Demensia adalah penurunan fungsional yang disebabkan oleh kelainan yang tejadi pada otak.

4. Minyak ikan bisa mencegah keguguran
Manfaat minyak ikan bagi kesehatan yang selanjutnya adalah bisa mencegah keguguran. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak ikan pada saat hamil bisa mengurangi peradangan plasenta yang bisa menyebabkan keguguran. Tidak hanya itu saja, minyak ikan juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan sel otak janin.

5. Minyak ikan bisa meningkatkan kecerdasan
Pantas saja jika minyak ikan kaya akan manfaat, Sebab kandungan omega-3 dan DHA di dalamnya sarat akan manfaat juga. Manfaat lain dari omega-3 dan DHA ini selain yang disebutkan diatas adalah bisa meningkatkan kecerdasan. Selain itu, DHA pada minyak ikan juga bermanfaat untuk mencegah bayi terlahir cacat.

Itulah 5 manfaat minyak ikan bagi kesehatan. Nah, Sudah tahu bukan apa saja manfaat minyak ikan? Kini saatnya bagi anda untuk mengonsumsinya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus