6 Makanan Yang Bisa Memperlancar Siklus Menstruasi

Makanan yang bisa memperlancar siklus menstruasi - Menstruasi yang terjadi pada wanita adalah hal biasa. Semua wanita pasti pernah mengalaminya. Tetapi sayangnya, kadang siklus menstruasi yang mereka alami tidak teratur setiap bulannya. Tentu hal itu akan menjadi beban pikiran terutama bagi wanita yang masih belum ingin mempunyai keturunan. Sebab banyak persepsi mengatakan, siklus menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi indikator kehamilan. Entah benar atau tidak?

Pada umumnya menstruasi tidak lancar merupakan pertanda bahwa ada hal yang tidak beres dengan kesehatan tubuh dan reproduksi anda. Siklus yang tidak teratur seperti ini bisa di sebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah pola makan yang salah. Untuk itulah sangat penting bagi anda untuk memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi.


Jika anda termasuk salah satu wanita yang mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur seperti ini, jangan terlalu khawatir. Sebab ada beberapa makanan sehat yang bisa anda konsumsi untuk mengatasi siklus menstruasi yang tidak lancar tersebut. Seperti yang dilansir healthmeup.com, berikut dibawah ini jenis makanannya :

1. Jahe
Rempah - rempah yang sering digunakan untuk bumbu dapur ini bermanfaat untuk memperlancar siklus menstruasi. Cobalah minum air jahe jika siklus menstruasi anda sedang tidak lancar.

2. Pepaya
Buah yang satu ini selain rasanya yang enak dan manis juga bermanfaat memperlancar siklus menstruasi anda. Hal ini dikarenakan buah ini bisa menciptakan panas dalam tubuh. Buah sejenis seperti mangga dan nanas juga bisa mengatasi permasalahan ini.

3. Kacang almond
Kandungan nutrisi yang banyak terdapat di dalam makanan ini bisa menyeimbangkan hormon dalam tubuh anda. Selain bisa dikonsumsi sebagai camilan sehat, kacang almond juga bisa menginduksi siklus menstruasi anda.

4. Biji wijen
Wijen pada umumnya hanya digunakan sebagai pembalur kulit onde - onde. Tapi tahukah anda, ternyata dibalik bentuknya yang kecil itu tersimpan banyak manfaat sehat, salah satunya adalah bisa menghasilkan panas tubuh yang bisa memperlancar siklus menstruasi anda.

5. Lidah buaya
Lidah buaya juga banyak manfaatnya bagi kesehatan. Selain bisa untuk perawatan rambut dan menenangkan perut yang sakit, lidah buaya juga bisa memperlancar siklus menstruasi anda serta mengurangi rasa nyeri ketika menstruasi.

6. Seledri
Mengonsmsi seledri mampu menstimulasi aliran darah ke pelvis dan uterus sehingga bisa menginduksi siklus menstruasi anda.

Itulah 6 makanan yang bisa memperlancar siklus menstruasi anda. Sebenarnya masih banyak jenis makanan lainnya yang bermanfaat sama dengan makanan diatas yang bisa anda konsumsi seperti yougurt, susu kedelai serta makanan lainnya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus