6 Cara Mudah Mencegah Flu Saat Musim Hujan

Cara mudah mencegah flu saat musim hujan - Saat musim hujan seperti sekarang ini, biasanya tubuh akan rentan terhadap suatu penyakit terutama flu. Penyakit yang disebabkan oleh virus influenza ini menyerang sistem pernafasan seperti hidung, tenggorokan, saluran bronkial serta paru - paru. Jika ini terjadi pada anda, anda akan mengalami hidung tersumbat, pilek bahkan bisa menyebabkan demam. Sangat mengganggu bukan?

Cara mudah mencegah flu saat musim hujan

Ketika flu mulai menyerang anda, tentu akan mengganggu anda dalam melakukan berbagai aktifitas. Untuk itulah, penting bagi anda untuk melakukan upaya pencegahan sebelum flu datang menyerang. Lalu, bagaimana caranya? Berikut dibawah ini adalah 6 tips mudah mencegah flu saat musim hujan yang bisa anda lakukan :

1. Perbanyak konsumsi mineral
Mineral adalah salah satu nutrisi yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bisa menghangatkan tubuh anda. Perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung mineral seperti sayuran hijau, daging dan biji - bijian. Semua makanan tersebut banyak mengandung seng, yaitu salah satu mineral yang bisa mengahngatkan tubuh anda.

2. Berolahraga
Berolahraga dan melakukan gerak tubuh lainnya merupakan cara yang tepat untuk berkeringat. Sedangkan berkeringat sendiri adalah cara tepat untuk menghindari tubuh anda dari tertularnya virus flu saat musim hujan seperti ini. Jadi, jangan malas dan rajinlah berolahraga meskipun sedang musim hujan. Anda bisa melakukan olahraga yang tidak harus dilakukan diluar rumah seperti push up ataupun yang lainnya.

3.Jangan mengonsumsi minuman beralkohol
Hindari mengonsumsi minuman yang beralkohol serta janganlah begadang di setiap malam.  Dua kebiasaan yang buruk seperti itu hanya akan membuat anda mendapatkan resiko yang lebih besar untuk terkena virus flu. Sebab kebiasaan buruk tersebut bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh anda. Dam akhirnya, virus bakteri akan dengan mudah mampu memasuki tubuh anda.

4. Minum jus
Minum jus buah seperti jus jeruk, jus jambu serta jus yang lainnya adalah cara yang ampuh untuk untuk mencegah flu. Jus semacam ini bisa membantu membuang racun dari sistem kalenjar getah bening anda. Hal ini bisa membuat tubuh anda menjadi lebih sehat. Bahkan Vitamin C yang terkandung dalam jus tersebut bisa meningkatkan sistem kekenalan tubuh anda.

5. Minum teh dengan campuran lemon dan madu
Selain jus, minum teh dengan tambahan lemon dan madu di dalamnya bisa mencegah anda dari serangan flu saat musim hujan. Minuman seperti ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta bisa menghangatkan tubuh anda.

6. Tidur yang cukup
Untuk memastikan agar tubuh anda selalu sehat dan bugar, tidur yang cukup merupakan salah satu caranya. Apalgi setelah anda seharian melakukan aktifitas di luar, tidur pada malam hari adalah waktu yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh anda. Sebisa mungkin, penuhi kebutuhan tidur selama 8 jam setiap harinya. Jika ini sudah dilakukan, tubuh anda akan selalu sehat dan bugar.

Itulah 6 cara mudah mencegah flu pada musim hujan. Jangan lupa juga sediakan obat - obatan flu, jadi ketika anda sudah merasakan gejala flu, anda segera bisa menanganinya dengan mengonsumsi obat flu tersebut. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus