9 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan

Manfaat seledri untuk kesehatan - Menurut wikipedia, seledri adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Selain sebagai bumbu, sayuran yang mempunyai nama latin Apium Graveolens ini biasanya digunakan sebagai pemberi aroma pada masakan. Bahkan makanan sejenis bakso dan sup pun biasanya menyertakan seledri sebagai pelengkap dan penambah aroma.

Di indonesia tumbuhan ini diperkenalkan oleh belanda pada jaman penjajahan dahulu, dan hanya digunakan daunnya untuk menyedapkan sup atau dimakan sebagai lalapan saja. Di negara lain seperti di eropa, seledri bahkan dimanfaatkan semuanya, mulai dari daun, tangkai daun,  batang bahkan umbinya pun juga dimanfaatkan.
 
Manfaat seledri untuk kesehatan

Tahukah anda, dibalik bentuknya yang sederhana ternyata seledri menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? Berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat seledri untuk kesehatan :

1. Mengurangi kolesterol
Seledri mengandung senyawa alami yang bernama butylphtalide. Senyawa ini bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh anda. Selain itu, senyawa ini juga berfungsi memberikan aroma seledri yang khas.

2. Menyehatkan pencernaan
Kandungan air dan serat makanan pada seledri juga lumayan banyak, dimana kedua zat ini sangat baik utnuk kesehatan sistem pencernaan anda serta mampu mencegah sembelit.

3. Meningkatkan penglihatan
Seledri juga terbukti banyak mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan mempertajam penglihatan anda Mengonsumsi sayuran ini secara teratur bisa mencegah kerusakan penglihatan yang biasanya terjadi pada usia tua.

4. Menurunkan stres
Manfaat seledri untuk kesehatan selanjutnya adalah bisa menurunkan stres. Kandungan magnesium dan minyak essensial bisa membantu menenangkan pikiran anda. Mengonsumsi seledri menjelang tidur akan membuat tidur anda menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

5. Menurunkan tekanan darah
Anda menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi? Mengonsumsi seledri adalah cara tepat untuk menurunkan tekanan darah anda. Senyawa alami di dalamnya (phtalides) dapat meningkatkan sirkulasi darah anda.

6. Menyehatkan ginjal
Sayuran ini juga terbukti bisa membantu menghilangkan racun dalam tubuh. Artinya, mengonsumsi seledri maka bisa meningkatkan fungsi ginjal dan mengurangi pembentukan batu ginjal.

7. Mencegah kanker
Kandungan zat alami (luteolin flavonoid) dalam seledri sangat tinggi, dimana zat alami ini secara efektif dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh anda. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi seledri secara teratur bisa menurunkan resiko terserang kanker usus besar, kanker payudara dan kanker pankreas.

8. Mencegah peradangan
Sifat alami yang terkandung dalam seledri membantu menyeimbangkan kadar Ph dalam tubuh anda yang dapat mencegah terjadinya peradangan.

9. Membantu penurunan berat badan
Manfaat seledri untuk kesehatan selanjutnya adalah bisa membantu menurunkan berat badan. Seledri merupakan makanan rendah kalori, bahkan dalam sebatang seledri hanya terkandung 10 kalori saja. Apabila anda sedang melakukan program penurunan berat badan, anda bisa menjadikan seledri sebagai camilan yang sehat.

Itulah 9 manfaat seledri untuk kesehatan yang perlu anda ketahui. Karena itulah, ini saatnya bagi anda untuk memperbanyak mengonsumsi makanan ini untuk membuah kesehatan anda lebih berkualitas. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus