8 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan

Manfaat alpukat bagi kesehatan - Pernahkah anda mengonsumsi buah alpukat? Bagaimana rasanya? Enak bukan? Buah yang mempunyai tekstur yang lembut, creamy dan kaya rasa ini memang sangat enak dikonsumsi. Apalagi jika diblender terlebih dahulu dengan menjadikannya jus. Ehm..Rasanya benar - benar menggugah selera.

Alpukat, seperti yang dilansir wikipedia adalah tumbuhan yang berasal dari meksiko dan amerika tengah. Tanaman yang mempunyai nama latin persea americana ini masih banyak dibudidayakan di kedua negara tersebut sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah - daerah tropika lainnya di dunia.

Alpukat merupakan buah dengan kandungan lemak sehat yang tinggi. Karena kandungan lemak tak jenuh inilah, menjadikan buah ini sangat cocok untuk menurunkan kolesterol. Tidak hanya itu saja, Kandungan vitamin B-nya juga bisa membantu anda dalam memerangi penyakit serta infeksi. 

Manfaat alpukat bagi kesehatan

Selain rasanya yang enak, seperti yang disebutkan di atas buah alpukat juga kaya manfaat. Berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat alpukat bagi kesehatan yang wajib anda ketahui :

1. Alpukat bermanfaat untuk menurunkan berat badan
Buah alpukat merupakan buah yang kaya serat. Kandungan serat inilah yang bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama serta bisa meningkatkan sistem pencernaan anda. Selain itu, kandungan asam oleat (lemak) bisa merangsang otak anda untuk mengontrol rasa lapar. Hal ini akan membantu anda dalam menurunkan berat badan.

2. Alpukat bermanfaat untuk menstabilkan gula darah
Kandungan asam lemak tak jenuh pada alpukat bisa mengontrol tubuh anda dari lonjakan gula darah yang mendadak. Gula darah anda akan normal dan tetap stabil.

3. Alpukat bermanfaat mengurangi resiko cacat pada bayi
Buah ini sangat cocok dikonsumsi untuk anda yang sedang hamil. Kandungan folatnya yang tinggi bermanfaat untuk melindungi kesehatan janin sehingga mengurangi resiko untuk lahir cacat. Tidak hanya itu saja, asam folat ini juga bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit kardiovaskular.

4. Alpukat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi alpukat bisa membantu mengurangi kolseterol jahat dalam tubuh anda (LDL). Bahkan hanya dengan mengonsumsi buah ini secara rutin selama seminggu bisa menurunkan LDL sebanyak 22 persen. Mengonsumsi alpukat maka anda bisa mencegah munculnya penyakit jantung. Sebab penyakit ini biasanya terjadi akibat penumpukan jumlah kolesterol jahat tersebut.

5. Alpukat bermanfaat untuk menyehatkan mata
Buah alpukat diketahui juga mengandung zat antioksidan yang tinggi seperti zeaxanthin dan lutein. Kedua antioksidan inilah yang bermanfaat untuk kesehatan mata anda. selain itu bisa menurunkan resiko penyakit mata serta menjaga agar mata anda tetap tajam.

6. Alpukat bermanfaat untuk mencegah kanker
Buah ini juga mengandung fitokimia yaitu zat yang mampu mencegah munculnya penyakit kanker. Selain itu, dari sebuah penelitian kandungan fitokimia ini ternyata juga dapat mengurangi efek samping dari kemoterapi.

7. Alpukat bermanfaat untuk kecantikan
Buah alpukat juga banyak mengandung vitamin E dan A. Vitamin E inilah yang bermanfaat untuk membuat kulit anda manjadi halus dan sehat. Kombinasi kedua vitamin ini bahkan bisa membuat kulit anda menjadi lebih kenyal dan terlihat muda serta bisa menghilangkan kerutan pada wajah anda.

8. Alpukat bermanfaat untuk mencegah anemia
Buah alpukat juga banyak mengandung zat besi dan tembaga. Kedua zat ini sangat diperlukan untuk proses regenerasi sel darah merah. Mengonsumsi alpukat berarti anda bisa mencegah terjadinya anemia.

Itulah 8 manfaat alpukat bagi kesehatan yang perlu anda ketahui. Selain rasanya yang enak, ternyata tersimpan banyak manfaat untuk kesehatan anda. Anda bisa menjadikannya jus terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus