5 Jenis Makanan Berbakteri Yang Baik Untuk Kesehatan

Makanan berbakteri yang baik untuk kesehatan - Selama ini banyak orang - orang yang beranggapan bahwa bakteri adalah sesuatu hal kecil yang harus di hindari karena merupakan sumber penyakit. Padahal kalau ditilik dari jenisnya, bakteri di kategorikan menjadi dua macam yaitu bakteri baik dan bakteri jahat. Nah, bakteri jahat inilah yang bisa menjadi sumber timbulnya berbagai penyakit.

Perlu anda ketahui, bakteri baik inilah yang justru bermanfaat untuk tubuh dan kesehatan. Di dalam tubuh anda pun sebenarnya juga terdapat bakteri yang tak mempengaruhi kesehatan anda, bahkan justru bakteri tersebut membantu menjaga kesehatan tubuh anda.

Tidak hanya di dalam tubuh saja, pada makanan juga ada yang mengandung bakteri dan bisa bermanfaat untuk untuk kesehatan tubuh anda. Makanan - makanan yang berbakteri tersebut bisa meningkatkan sistem pencernaan, mencegah sakit perut bahkan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

Makanan berbakteri yang baik untuk kesehatan

Lalu, apa saja jenis makanan berbakteri yang bermanfaat untuk kesehatan tersebut? Seperti yang di lansir oleh women's Healt Mag, berikut dibawah ini adalah beberapa jenisnya :

1. Keju
Makanan yang satu ini tentu sudah tidak asing bagi anda. Anda mungkin sering mengonsumsi dengan roti ataupun sebagai bahan makanan lainnya. Tapi tahukah anda bagaimana keju dibuat? Keju dibuat dari fermentasi susu dan biasanya keju yang segar dibuat dari susu dan asam. Ada juga jenis keju lain yang dibuat dengan mencampurkan keju dan bakteri serta enzim yang secara alami bisa membentuk asam. 

Nah, karena dibuat dengan fermentasi dan menggunakan bakteri, tentu keju adalah makanan yang banyak mengandung bakteri . Tetapi anda jangan khawatir, bakteri yang terkandung dalam keju adalah bakteri probiotik yaitu bakteri yang justru bermanfaat untuk kesehatan anda. Bakteri ini diketahui bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada manula.

2. Yougurt
Sama seperti susu, yougurt juga merupakan makanan yang banyak mengandung bakteri. Bahkan bukan rahasia lagi bahwa yougurt mengandung bakteri probiotik dan salah satu jenisnya adalah Lactobacillus Acidphillus. Mengonsumsi yougurt akan membantu anda untuk meningkatkan sistem pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, bakteri probiotik dalam yougurt diketahu juga dapat  digunakan untuk mengatasi iritasi usus, diare dan alergi.

3. Miso
Mungkin anda belum mengenal nama makanan ini. Ya, makanan yang berasal dari negeri sakura ini adalah makanan yang dibuat dari fermentasi kedelai. Karena dibuat dengan fermentasi, tidak diragukan lagi makan miso ini termasuk jenis makanan yang banyak mengandung bakteri. Namun kabar baiknya, bakteri dalam miso termasuk bakteri yang bisa membantu menjaga kesehatan anda. Miso juga mengandung protein komplit yang sangat baik utnuk tubuh anda. Kandungan asam amino didalamnya bisa menjaga kesehatan pencernaan anda.

4. Kecap asin
Kecap asin biasanya dibuat dengan menggunakan fermentasi bakteri asam laktat dan jamut. Bakteri ini diketahui baik untuk meningkatkan sistem pencernaan . Namun sebaiknya hindari menggunakan kecap yang mengandung bahan pewarna.

5. Kimchi
Salah satu masakan khas korea ini dibuat dengan melakukan fermentasi terhadap sayuran. Kimchi memadukan banyak sayuran yang kemudia di fermentasikan. bakteri dalam kimchi diketahui bisa membantu menjaga kesehatan tubuh anda. Makanan ini dibuat menggunakan kubis dan memiliki citarasa yang pedas. Meski begitu, kimchi dikenal sebagai salah makanan tersehat yang ada didunia.

Itulah 5 Jenis makanan berbakteri yang baik bagi kesehatan anda. Setelah membaca artikel ini, mungkin anggapan anda yang selama ini menganggap bakteri adalah sumber penyakit adalah salah. Sebab masih ada bakteri baik yang justru bermanfaat untuk kesehatan anda.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus