Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya - Rambut memiliki peranan penting pada setiap manusia. Terlebih bagi kaum wanita, rambut di ibaratkan sebagai mahkota. Jadi tidak heran, banyak wanita yang rela menghabiskan waktu dan uangnya hanya untuk melakukan perawatan rambut.

Meskipun sudah melakukan perawatan rambut, baik wanita maupun pria tetap saja pasti ada masalah dengan rambutnya. Masalah umum yang biasanya kerap terjadi pada kebanyakan orang adalah rambut rontok. Jika anda tidak segera menanganinya dan membiarkan rambut anda rontok berlarut - larut, anda akan mengalami suatu hal yang mungkin sangat tidak anda inginkan yaitu kebotakan.

Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sebenarnya apa yang membuat rambut seseorang menjadi mudah rontok? Lalu bagaimana cara mengatasi rambut rontok tersebut? Jika ingin mengetahui detail seperti apa, maka anda wajib membaca artikel ini sampai selesai.

Berikut dibawah ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan rambut mudah rontok :

1. Penggunaan alat rambut
Penggunaan alat rambut seperti hairdryer, sisir, mewarnai, dan penggunaan ikan rambut memang bisa membuat rambut menjadi lebih indah dan rapi. Tetapi ingat, jika anda menggunakannya terlalu berlebihan dan tidak sesuai aturan, maka bisa mengakibatkan masalah pada rambut anda seperti kerontokan.

2. Obat - obatan
Penggunakan obat - obatan ternyata juga bisa memicu masalah ini, terlebih lagi obat - obatan yang berbahan kimia yang mempunyai banyak efek samping. Dan ada juga dari berbagai banyak obat, efeknya ternyata bisa membuat rambut rontok.

3. Faktor keturunan
Faktor keturunan bisa menjadi penyebab rambut anda mengalami kerontokan. Pada beberapa keluarga, gen yang menyebabkan rambut rontok bisa diwariskan kepada keturunan mereka. Jika ini yang terjadi pada kalian, tentunya akan sangat sulit diatasi. Biasanya hal ini bisa diketahui dengan cara memeriksakannya pada dokter ahli kulit.

4. Diet
Anda perlu berhati - hati ketika melakukan program diet terutama diet yang ketat dan ekstrem. Jangan melakukan diet yang bisa membuat tubuh kekurangan nutrisi dan vitamin. Karena dampaknya tidak hanya pada berat badan dan kesehatan tubuh, tetapi juga penampilan seperi kulit dan rambut anda.
5. Stres
Stres ternyata menjadi emicu paling umum seseorang rambutnya mudah rontok. Rambut seringkali mudah rontok keika seseorang mengalami hal yang dapat menyebabkan stres. Stres menyebabkan rambut lebih cepat rontok dibanding saat biasa.

6. Bahan kimia
Anda boleh - boleh saja menggunakan produk kecantikan dan perawatan rambut, tetapi hati - hati janganlah menggunakan terlalu banyak bahan kimia karena hal ini bisa menyebabkan rambut anda mudah rontok.

7. Hormon
Hormon yang tak seimbang juga bisa menyebabkan rambut rontok. Terutama seseorang yang lagi hamil sering mengalami ketidakseimbangan hormon bisa mengalami rambut rontok yang cukup parah.

8. Gaya rambut
Sering mengubah gaya rambut bisa menjadi faktor lain penyebab kerontokan rambut. Ketika anda akan mengubah gaya rambut, pastikan terlebih dahulu kesehatan rambut dan folikel tetap terjaga. Beberapa gaya rambut bisa menarik rambut hingga ke akarnya dan membuat rambut lebih rapuh serta rantan patah.

Nah, setelah anda mengetahui faktor - faktor penyebab rambut rontok, tentu anda dapat mengantisipasinya. Tetapi bagaimana dengan anda yang sudah mengalami kerontokan pada rambutnya? Bagaimana cara mengatasinya? Berikut di bawah ini adalah cara mudah mengatasi rambut rontok secara alami :

1. Menggunakan lidah buaya
Lidah buaya sangat dikenal sebagai tanaman yang kaya akan manfaat. Salah satunya sebagai bahan perawatan rambut. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada lidah buaya dapat membuat rambut anda lebih baik terutama menjadikan rambut tebal, hitam dan subur. Caranya dengan mengambil lidah buaya kemudian memotongnya menjadi dua bagian. ambil lendirnya kemudian olskan pada rambut secara menyeluruh. Biarkan hingga 15 menit kemudia bilas dengan air bersih.

2. Menggunakan madu
Madu juga bermanfaat untuk menyehatkan rambut serta mencegahnya dari kerontokan. Madu dapat membuat rambut anda menjadi lebih kuat dan subur. Caranya dengan mengoleskan madu pada seluruh bagian kulit kepala dan rambut sambil melakukan pemijatan hingga 10 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan hal ini sesering mungkin.

3. Menggunakan telur
Telur merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung sumber protein, dan anda bisa memanfaatkannya sebagi obat untuk mengatasi rambut rontok. Caranya juga cukup mudah, ambil sebuti telur lalu kocok dalam sebuah wadah, campurkan tetsan perasan air lemon ke dalam telur lalu olekan pada rambut anda. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

4. Melakukan pijatan di kepala
Kepala juga memerlukan relaksasi. Melakukan pijatan di kepala akan membuat anda terasa lebih nyaman. Karena dengan melakukan hal tersebut dapat membuat proses sirkulasi darah pada bagian kepala menjadi lancar. dan membantu menjaga foliel pada rambut tetap aktif.

5. Menggunakan daun seledri
Seledri memiliki kandungan vitamain yang sangat banyak seperti zat besi, kalsium, vitamin A, natrium dan vitamin B. Semua vitamin tersebut sangat bermanfaat untuk menstimulasi pertumbuhan rambut agar lebih sehat, lebih kuat serta lebih berkilau. Cara penggunaanya pun hampir sama dengan lidah buaya, yaitu dijadikan sebagai pengganti shampo.

6. Menggunakan teh hijau
Teh hijau merupakan sumber antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi, mencegah serta mengatasi rambut rontok. Selain itu teh hijau juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambutdan menjaga agar kondisi rambut tetap sehat.

Itulah penyebab rambut rontok serta caramudah untuk mengatasinya. Lakukah hal diatas untuk menghindari kerontokan yang lebih parah pada rambut anda. Jangan lupa baca juga artikel yang berhubungan dengan masalah rambut rontok dibawah ini :
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya pada Facebook, Twitter maupun google Plus anda. InsyaAllah akan bermanfaat buat yang lainnya. Terima kasih.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus