Cara Mudah Mencegah Datangnya Migrain

Cara mudah mencegah migrain - Migrain seperti yang dilansir Wikipedia adalah gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga berat yang seringkali berhubungan dengan gejala - gejala sistem syaraf otonom. Awal mula penyakit ini biasanya dimulai dengan gejala berupa sakit kepala unilateral ( sakit yang terjadi hanya pada sebagian kepala ), berdenyut - denyut dan bisa berlangsung selama 2 hingga 72 jam.

Gejala - gejala lain yang turut menyertai antara lain merasa mual, muntah, sensitif terhadap cahaya (fotofobia), sensitif terhadap suara (fonofobia) serta rasa sakit yang menyerang semakin hebat ketika melakukan sesuatu.

Sekarang ini migrain sudah bukan merupakan penyakit yang aneh atau jarang dialami. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa terduga - duga. Bahkan sudah banyak orang yang terserang migrain, dan parahnya lagi sebagian sudah menjadi pasien migrain tetap.

Cara mudah mencegah migrain

Migrain biasanya dipicu oleh hal - hal tertentu dan setiap orang pasti mengalami gejala yang berbeda - beda. Tapi bagaimana pun juga, terkena migrain tentu merupakan hal yang sangat tidak menyenangkann. Aktifitas kita bisa terganggu karena rasa sakit yang menyerang pada kepala. 

Lalu bagaimana cara kita agar kita bisa mencegah datangnya migrain? Sebenarnya banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah datangnya migrain. Salah satunya seperti yang akan saya sampaikan berikut ini.

1. Cukupi kebutuhan cairan dan nutrisi tubuh
Salah satu penyebab seseorang terserang migrain biasanya disebabkan oleh kurangnya nutrisi atau cairan tubuh. Migrain juga bisa muncul ketika sesorang mengalami dehidrasi atau telat makan. Itu bukan hal yang aneh, karena orang yang biasanya rentan terkena migrain biasanya  sangat terpengaruh dengan jumlah cairan dalam tubuhnya dan juga rentan terpengaruh oleh efeh dehidrasi. Jika anda termasuk salah satu orang yang sering terserang migrain, pastikan untuk tidak pernah mengalami dehidrasi dan jangan sampai telat makan.

2.  Hidup dengan terjadwal
Cara mudah mencegah datangnya migrain adalah dengan menerapkan hidup yang teratur dan terjadwal. Pada sebagian orang yang terserang migrain, biasanya juga disebabkan karena hal - hal yang mendadak dan mengejutkan dalam kehidupan sehari - hari. Bahkan ketika hari - hari anda tidak teratur, kegiatan yang tak terjadwal dan anda sering mendapatkan kejutan, maka migrain akan dengan mudah menyerang anda.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga ringan seperti yoga sangat bermanfaat untuk pasien migrain. Selain itu aktifitas olahraga yang teratur dan rutin dilakukan setiap pagi hari sangat baik untuk banyak orang yang mengalami migrain. Meski begitu, tidak jarang juga ada sebagian orang yang justru terkena migrain karena melakukan aktifitas olahraga. Hal ini biasanya disebabkan karena olahraga yang mereka lakukan terlalu keras, terlalu cepat atau karena mereka mengalami dehidrasi ketika sedang berolahraga.

4. Perhatikan makanan yang anda konsumsi
Migrain tidak hanya dipicu oleh kurangnya nutrisi dan cairan dalam tubuh, tetapi juga disebabkan jenis makanan yang anda konsumsi. Bagi beberapa pasirn migrain, makanan tertentu bisa memicu sakit kepala sebelah. Banyak makanan yang dikaitkan dengan penyakit ini, terutama makanan yang mengandung zat kimia bernama tyramine. Jika anda curiga migrain disebabkan oleh makanan yang anda konsumsi, coba telusuri lagi jenis makanan apa yang bisa menyebabkan anda terserang migrain. Jika sudah mengetahuinya, sebisa mungkin cobalah untuk menghindarinya sekalipun makanan tersebut adalah makanan favorit anda.

5. Hindari stres
Cara mudah mencegah datangnya migrain adalah menghindari stres. Stres juga salah satu penyebab terbesar seseorang bisa terserang migrain. Anda memang tidak bisa menghilangkan semua stres yang anda rasakan begitu saja, tetapi ada hal - hal yang bisa anda lakukan untuk mengurangi tingkat stres, mengurangi dampaknya ataupun yang lainnya dengan bermeditasi, berolahraga, melakukan hobi dan lainnya.

Itulah 5 cara mudah mencegah datangnya migrain. Tapi yang terpenting bagi anda dalam mencgah migrain adalah dengan mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi pemicunya.Dengan begitu, anda akan lebih mudah untuk menanganinya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus