9 Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang

Cara merawat rambut kering dan mengembang - Setiap wanita tentu memimpikan untuk memiliki rambut yang indah dan sehat. Apalagi ada ungkapan yang menyatakan bahwa rambut adalah mahkota bagi wanita. Jadi tidak heran jika banyak wanita yang sering pergi dan keluar masuk salon dan mengeluarkan biaya yang besar hanya untuk melakukan perawatan rambut semata.

Bagi anda yang mungkin berkantong tipis, tentu harus berpikir dua kali jika ingin ke salon untuk melakukan perawatan rambut. Anda mungkin beranggapan bahwa masih banyak kebutuhan lain yang memerlukan biaya ketimbang hanya untuk perawatan rambut saja. Tidak salah memang, semua tergantung dari masing - masing individu.

Melakukan perawatan rambut tidak hanya dengan datang ke salon kecantikan saja. Sebenarnya masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh rambut yang sehat, indah dan hitam. Dan anda pun dapat melakukannya sendiri di rumah. Tentunya ini sangat praktis dan tidak mengganggu isi dompet anda.

Cara merawat rambut kering dan mengembang

Masalah - masalah yang umumnya terjadi pada rambut biasanya seperti rambut kering, rambut rontok, rambut mengembang, bercabang dan rusak. Masalah seperti itu dapat anda tangani sendiri tanpa perlu harus ke salon. Lalu bagaimana caranya? Untuk itulah, anda perlu membaca artikel ini samapi tuntas.

Berikut di bawah ini adalah 9 cara merawat rambut kering dan mengembang yang dapat anda lakukan di rumah :

1. Gunakan kondisioner rambut
Salah satu cara untuk menjaga agar rambut anda selalu tampak sehat adalah dengan menggunakan kondisioner. Gunakan kondisioner sekali dalam seminggu setelah keramas dengan sampo, lalu diamkan hingga 15 nmenit sebelum anda membilasnya. 

2. Rajin membersihkan rambut
Poin ini yang paling penting, bagaimana bisa anda mendapatkan rambut yang bagus jika anda tidak rajin membersihkan rambut anda? Bersihkan rambut anda setidaknya dua hari sekali dengan menggunakan sampo yang mengandung vitamin E. Vitamin ini sangat baik untuk mengatasi rambut rusak.

3. Menggunakan minyak alami
Untuk meningkatkan kelembutan dan kehalusan rambut, gunakanlah minyak alami pada rambut anda seperti minyak kelapa, minyak bunga matahri, atau minyak almon. caranya dengan mengaplikasikan minyak alami tersebut setelah anda keramas, bungkus rambut dengan handuk hangat dan biarkan hingga 15 menit. Stelah itu, anda bisa membilasnya dengan air hingga bersih.

4. Menggunakan mayones
Kedengaran aneh memang, tapi anda jangan menganggap hal ini sepele. Perlu diketahui, asam lemak pada mayones berfungsi untuk melembutkan rambut dan meningkatkan minyak alami rambut. Caranya pun sangat mudah, setelah anda keramas dan mengeringkan rambut dengan handuk, oleskan satu sendok makan mayones pada rambut anda, lalu bungkus rambut dengan shower cup atau handuk yang hangat. Biarkan mayones meresap dalam rambut selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan shampo herbal atau sampo bayi.

5. Menggunakan gel lidah buaya
Ingin rambut anda hitam mengkilat dan tampak wet look?pakailah gel aloe vera daripada gel rambut. Gel aloe vera atau lidah buaya murni tidak mengandung alkohol dan dapat membantu memperbaiki rambut anda yang rusak.

6. Menggunakan minyak zaitun
Minyak zaitun juga bermanfaat untuk menjaga rambut anda tetap sehat. Sekali dalam seminggu gunakan minyak zaitun hangat pada rambut yang basah sebelum berkeramas. Biarkan hingga 5 menit, kemudian berkeramaslah dengan shampo seperti biasanya.

7. Menggunakan cuka apel
ketika rambut mulai rusak dan anda ingin membuatnya menjadi lebih halus, inilah saatnya anda menggunakan cuka apel sebagai bahan perawatn rambut anda. Caranya campurkan satu sendok makan minyak gandum dengan setengah cangkir cuka apel dan dua cangkir air. oleskan campuran tersebut pada rambut setelah keramas ketika rambut masih dalam keadaan basah. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih tanpa menggunakan shampo. 

8. Hindari menggunakan pengering rambut
Sebisa mungkin untuk mencegah rambut dari kerusakan, anda harus menghindari pengering rambut dengan cara dipanaskan. Cara ini dapat membuat rambut anda menjai stres yang bisa berujung pada kerusakan yang lebih parah. Sebaiknya gunakan pengering rambut dengan cara dikipas atau di angini.

9. Memotong rambut
Ketika rambut mulai bercabang dan ingin mencegahnya, inilah waktu yang tepat untuk memotong rambut anda. rambut bercabang biasanya hanya terjadi pada bagian ujung rambut, potonglah bagian ujung itu saja untuk mencegah rambut bercabang yang lebih parah lagi.

Itulah 9 cara merawat rambut kering dan mengembang yang dapat anda lakukan. Jika sudah membacanya, mohon bagikan atau share artikel ini agar bisa bermanfaat untuk yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi