6 Penyebab Kolesterol Tinggi Yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab kolesterol tinggi - Anda pasti pernah mendengar seseorang menderita penyakit jantung, stroke, diabetes dan sebagainya. Tapi tahukah anda, apa yang menyebabkan seseorang terserang penyakit seperti itu? Semua penyakit yang disebutkan tersebut sangat berpotensi kematian. Sudah sangat banyak orang yang meninggal karena menderita penyakit tersebut.

Kolesterol yang tinggilah yang bisa menyebabkan semua itu. Untuk itulah, anda perlu waspada dengan beberapa penyebab yang bisa membuat jumlah kolesterol jahat dalam tubuh anda bertambah.

Penyebab kolesterol tinggi

Berikut dibawah ini adalah beberapa penyebab kolesterol tinggi yang perlu anda ketahui :

1. Kebiasaan merokok
Ini peringatan buat anda yang hobi merokok. Merokok bisa menjadi bom waktu yang dapat membunuh anda secara pelan - pelan. Karena mereka yang memiliki kebiasaan merokok akan dapat menaikkan jumlah kolesterol jahat serta dapat menurunkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh.  Menghentikan kebiasaan merokok akan memberi andil besar pada kesehatan anda.

2. Berat badan
Penyebab kolesterol tinggi yang kedua adalah berat badan. Kelebihan berat badan sangat erat kaitannya dengan peningkatan kolesterol jahat dan jumlah kolesterol baik yang lebih sedikit. Menurunkan berat badan akan dapat meningkatkan kualitas hidup anda.

3. Pola makan
Pola makan juga bisa mempengaruhi jumlah kolesterol dalam tubuh anda. Mengonsumsi camilan ringan seperti kripik, gorengan dan berbagai makanan yang di proses melalui penggorengan memang enak, tetapi juga memiliki tingkat lemak jahat yang tinggi. Nah, lemak jahat inilah yang akhirnya dapat berubah menjadi kolesterol jahat. 

4. Usia dan jenis kelamin
Biasanya kolesterol jahat akan naik secara alami ketika usia anda sudah mulai memasuki umur 20 tahun. Pada pria biasanya kolesterol akan stabil ketika berusia 50 tahun sedangkan bagi perempuan jumlah kolesterol mereka akan lebih rendah hingga masa menopause.

5. Sejarah keluarga
Jika anda mempunyai riwayat keluarga yang mempunyai kolesterol tinggi, anda perlu waspada karena kemungkinan besar anda juga akan mengalaminya. Mengetahui sejarah kesehatan keluarga akan anda lebih peduli kesehatan secara menyeluruh, termasuk kadar kolesterol.

6. Aktifitas pasif
Semakin sering anda berolahraga dan melakukan aktifitas yang menyehatkan, maka akan semakin tinggi pula jumlah kolesterol baik serta dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh anda. Jangan hanya berdiam diri dirumah jika anda tidak ingin menumpuk kolesterol jahat dalam tubuh anda.

Itulah 6 penyebab kolesterol jahat yang perlu anda ketahui. Hindari sedini mungkin atau anda akan menderita penyakit seperti yang saya sebutkan diatas.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus