Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

Manfaat buah semangka bagi kesehatan - Siapa sich yang tidak kenal dengan buah semangka? Hampir semua orang pasti tahu dan pernah memakan buah ini. Buah yang bentuknya besar seperti bola ini sangat khas dengan rasanya yang manis. Buah dengan kandungan airnya yang sangat banyak ini sangat cocok untuk meredakan haus apalagi di bulan puasa seperti ini.

Semangka, yang juga dikenal banyak mengandung vitamin A, vitamin c , serat dan kalium juga sangat digemari karena kesegarannya cukup sering digunakan sebagai bahan untuk dessert atau makanan penutup. Selain rasanya yang segar dan manis, semangka juga dikenal memiliki beberapa kelebihan lainnya termasuk untuk kesehatan.

Manfaat buah semangka bagi kesehatan

Berikut dibawah ini adalah manfaat buah semangka bagi kesehatan :

1. Memulihkan dehidrasi
Seperti yang kita ketahui, buah ini sangat banyak mengandung air. Kandungannya yang mencapai 91,5 persen menjadikan buah ini sebagai pilihan yang baik untuk menambah cairan tubuh saat mulai kekurangan cairan. kandungan vitamin dan mineral di dalamnya juga cocok untuk dikonsumsi orang yang mengalami gejala dehidrasi ringan.

2. Dapat menangkal radikal bebas
Semangka juga diketahui memiliki kandungan lycopene. Lycopenen ini merupakan antioksidan super yang dapat menangkal radikal bebas yang merusak sel. Untuk mendapatkan lycopene yang maksimal dari semangka, simpan terlebih dahulu buah ini di suhu ruang yang dingin sebelum mengirisnya.

3. Dapat memulihkan sakit pada otot
Manfaat buah semangka bagi kesehatan yang terakhir adalah dapat memulihkan sakit yang terjadi pada otot. Untuk memulihkan otot anda ketika habis berolahraga, cobalah untuk mengonsumsi jus semangka sebagai pilihan minum pengganti air. Sebuah peneilitian pada atlet menunjukkan, mereka yang mengonsumsi semangka sebelum berolahraga cenderung lebih sedikit mengalami sakit pada otot dan memiliki detak jantung lebih rendah.

Itulah 3 manfaat buah semangka bagi kesehatan yang belum banyak diketahui banyak orang. Selain itu rasanya yang segar dan manis, menjadikan buah ini sangat disukai semua orang.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi